Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 18 Oktober 2017 | 23:44 WIB

Produksi Minyak OPEC Naik di Bulan September

Oleh : Wahid Ma'ruf | Rabu, 11 Oktober 2017 | 19:27 WIB
Produksi Minyak OPEC Naik di Bulan September
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Wina - Produksi minyak mentah OPEC melonjak bulan lalu hampir mencapai 90.000 barel per hari. Kondisi ini menyulitkan upaya kartel untuk membatasi produksi dan mengurangi gejolak pasokan global.

Menurut laporan pasar minyak bulanan OPEC, produksi anggota Organisasi Negara Pengekspor Minyak naik 0,27% menjadi 32,75 juta barel per hari pada bulan September, dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Kenaikan tersebut didorong oleh produksi yang lebih tinggi di Libya, Nigeria, Irak dan Gabon, seperti mengutip .

OPEC dan produsen minyak mentah utama lainnya seperti Rusia sepakat hampir setahun yang lalu untuk menghentikan produksi sekitar 1,8 juta barel per hari di bawah puncak tingkat puncak pada bulan Oktober 2016. Tujuannya untuk mengurangi kelebihan pasokan dan meningkatkan harga. Namun kesepakatan tersebut telah dirusak sebagian oleh lonjakan produksi di Libya dan Nigeria, kedua negara anggota tersebut tidak termasuk dalam kesepakatan tersebut karena industri minyak mereka telah mengalami kerusakan akibat kerusuhan sipil.

Berita tersebut muncul sehari setelah Arab Saudi, salah satu anggota OPEC yang mengatakan akan mengekspor 7% minyak mentah ke laut pada bulan November, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Langkah tersebut tampaknya meyakinkan investor akan komitmen kartel tersebut untuk menguras cadangan minyak dunia, memberikan harga yang stabil dalam perdagangan Selasa. Minyak mentah brent, patokan global, ditutup naik 1,5%, di $ 56,61 per barel.

Komentar

 
x