Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 15 Desember 2017 | 13:21 WIB

Jual TOD ke MBR, Rini Tunjuk BTN

Oleh : Uji Sukma Medianti | Selasa, 10 Oktober 2017 | 15:36 WIB
Jual TOD ke MBR, Rini Tunjuk BTN
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, telah membangun tiga Transit Oriented Development (TOD) di dekat lokasi stasiun kereta Commuterline (KRL).

Ketiga proyek itu, sebanyak 35% diperuntukkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Bagaimana supaya tepat sasaran?

Dikatakan Rini, dalam hal penyediaan hunian bagi MBR, nantinya Rini bakal menunjuk Bank Tabungan Negara (BTN) sebagai lembaga pembiayaan.

"Karena BTN yang bertanggungjawab bagi MBR untuk mendapat hunian murah karena mendapat subsidi pemerintah," kata Rini di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (10/10/2017).

Dalam pembelian hunian berkonsep Transit Oriented Development ini, kata dia, yang akan disubsidi oleh BTN entah berupa bunga atau Down Payment (DP).

"Yang menyeleksi benar-benar MBR itu. Maksimum pendapatan Rp7 juta. Itu tanggung jawab BTN harus ke situ," ungkapnya.

Rini menerangkan, nantinya para MBR yang membeli unit di TOD ini tidak boleh sembarangan menjualnya. Pembeli MBR hanya boleh menjual ke pengelola dengan tujuan tidak menspekulasi harga.

"Pengelola bisa menjualnya lagi ke MBR. Jadi, MBR tetap mendapat kemungkinan tinggal di kota yang dekat transportasi," ujarnya. [jin]

Komentar

 
x