Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 17 Oktober 2017 | 12:57 WIB
Hightlight News

Siapa Penguasa IHSG Saat Ini?

Oleh : Wahid Ma'ruf | Selasa, 10 Oktober 2017 | 11:52 WIB

IHSG ke Depan

IHSG ke Depan
facebook twitter

Dari analisa dan mempelajari secara mendalam pergerakan investor asing dalam 1 tahun terakhir, investor Asing masih memegang kendali terhadap pergerakan IHSG. Dan belum jatuhnya IHSG sampai saat ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti naiknya kekuatan investor lokal, optimisme investor lokal setelah diberikannya investment grade untuk melakukan buyback setelah memiliki cash cukup banyak.

Hal yang paling penting adalah strategi tarik ulur dan rotasi yang dilakukan oleh investor asing dalam masa profit taking mereka tahun ini. Perpaduan 3 faktor itu membuat IHSG masih kokoh bergerak di 5.750-5.900.

"Ke depan kami melihat strategi tarik ulur dan rotasi saham kemungkinan masih bisa dilakukan, dalam survey yang kami lakukan minggu lalu, kami mendapati bahwa saat ini 54% investor lokal optimis IHSG akan naik ke 6.100 dalam waktu dekat dan  46% yang menganggap IHSG akan turun ke 5.700. Artinya optimisme investor lokal masih tetap besar sampai saat ini."

Selain itu saat ini jumlah dana asing  yang masuk di awal tahun masih lebih besar dibanding yang keluar, artinya investor asing masih punya saham yang mereka beli di awal tahun, terutama di saham-saham bluechip yang memang belum banyak di distribusi, dan investor lokal masih punya cash untuk menampung pembelian tersebut.

Jika kondisi seperti ini masih terus berlanjut, maka kemungkinan aksi profit taking asing masih bisa berlangsung 1-2 bulan ke depan. Saat itu IHSG akan bergerak sideways, dan asing terus jualan. Kejatuhan IHSG baru realistis terjadi ketika investor asing mau melakukan buyback setelah ‘kenyang’ melakukan profit taking, dan ingin kembali membeli saham di harga bawah.

"Intinya kami memilih untuk tetap percaya kalau investor asing tetap memegang kendali di IHSG dan kami hanya akan optimis dan memberikan outlook positif terhadap IHSG setelah investor asing kembali melakukan akumulasi di bursa kita."

1 2 3 5

0 Komentar

Kirim Komentar


Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

x