Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 13 Desember 2017 | 17:50 WIB
Hightlight News

Siapa Penguasa IHSG Saat Ini?

Oleh : Wahid Ma'ruf | Selasa, 10 Oktober 2017 | 11:52 WIB

Intervensi Pemerintah?

Siapa Penguasa BEI?

Intervensi Pemerintah?
facebook twitter

Argha menjelaskan hasil voting yang dilakukan pada pekan lalu. 33% dari pembaca creative-trader.com yakin kalau IHSG tidak akan turun meskipun investor asing terus melakukan aksi jual besar-besaran percaya kalau sedang terjadi intervensi pemerintah terhadap IHSG.

Pembelian yang sedang dilakukan pemerintah dipercaya membuat IHSG tetap sanggup berada di level 5.800-5.900an, meskipun investor asing sudah melakukan aksi jual sebesar puluhan triliun rupiah. "Para investor tersebut percaya bahwa intervensi pemerintah adalah satu-satunya kekuatan yang sanggup menandingi kekuatan investor asing di bursa kita."

Benar tidaknya asumsi ini sangat sulit untuk dibuktikan, karena memang sejauh ini tidak ada statment resmi dari Team Ekonomi pemerintah, atau dari Kementrian BUMN yang menginstruksikan untuk menggunakan uang negara atau uang BUMN untuk masuk ke pasar modal dan menahan aksi jual yang dilakukan oleh investor asing.

"Bahkan fakta yang kita tahu, dalam 1 tahun terakhir beberapa BUMN justru sibuk menggalang dana dari masyarakat dengan melakukan rights issue, dan menerbitkan obligasi. Jadi kalaupun intervensi itu terjadi, hal tersebut dilakukan secara ‘diam-diam’ oleh pemerintah."

Karena benar tidaknya asumsi tersebut kemungkinan tidak akan pernah diklarifikasi oleh pemerintah, mari kita coba tellah secara bandarmologi,  untuk mengerti logika di balik intervensi ini (kalau memang ada). Secara Bandarmologi ada beberapa pertanyaan penting yang perlu dijawab untuk kita bisa meyakini ada intervensi dari pemerintah.

1 2 3 5

0 Komentar

Kirim Komentar


Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

x