Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 13 Desember 2017 | 17:50 WIB
Hightlight News

Siapa Penguasa IHSG Saat Ini?

Oleh : Wahid Ma'ruf | Selasa, 10 Oktober 2017 | 11:52 WIB

Siapa Penguasa BEI?

Penjaga IHSG

Intervensi Pemerintah?

Siapa Penguasa BEI?
facebook twitter

Namun, jika melihat dari persentasi kepemilikan investor asing di BEI dari data yang dirilis oleh KSEI di akhir September lalu, saat ini kepemilikan investor asing di bursa sebesar 52,2%. Jumlah ini hanya turun 2,8% dari level tertingginya tahun ini pada bulan Mei lalu di kisaran 55%. "Jadi jika kita melihat dari sudut padangan nilai kepemilikan investor asing di bursa kita masih sangat jelas kalau bursa kita masih dikuasai oleh investor asing."

Data ini juga mengugurkan asumsi kalau investor asing sudah ‘kabur’ dari BEI. Karena meskipun sudah jualan lebih dari 4 bulan, aksi jual asing tersebut hanya mengurangi kepemilikan investor asing di bursa kita sebanyak 2,8%.  Jadi bisa dikatakan tidak mungkin investor asing keluar seluruhnya dari BEI. Sebab, investor dalam negeri tidak memiliki kekuatan untuk menampung semua saham yang dimiliki investor asing.

Fakta itu membuat banyak pihak beranggapan bahwa ada yang sedang ‘menahan’ IHSG’ dari kejatuhan. Walaupun jika IHSG memang ditahan dan dijaga supaya tidak turun, pertanyannya siapa yang sedang menahan IHSG ? Siapa yang sanggup menampung 22 triliun rupiah aksi jual asing selama 5 bulan terakhir?

 

1 2 3 5

0 Komentar

Kirim Komentar


Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

x