Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 17 Oktober 2017 | 13:03 WIB

Spanyol: Krisis Catalan Jadi Masalah Uni Eropa

Oleh : Wahid Ma'ruf | Senin, 9 Oktober 2017 | 18:06 WIB
Spanyol: Krisis Catalan Jadi Masalah Uni Eropa
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Luksemburg - Ketidakstabilan politik yang sedang berlangsung di Spanyol berpotensi mempengaruhi iklim bisnis di Uni Eropa secara keseluruhan. Krisis ini bukan hanya masalah Spanyol.

Wakil menteri keuangan Portugal, Ricardo Mourinho Felix, mengharapkan dukungan dari Uni Eropa untuk memberi masukan tentang skema Catalonia yang ingin mandiri.

"Ini bukan hanya masalah bagi Portugal, ini adalah masalah bagi kawasan euro dan Eropa secara keseluruhan," kata ekretaris negara untuk kementerian keuangan, secara eksklusif di sela-sela pertemuan zona euro kunci di Luksemburg seperti mengutip cnbc.com.

Baca: Parlemen Catalan Bahas Kemerdekaan Senin Besok

"Kami juga prihatin dengan situasi ini karena orang-orang Eropa yang setia percaya pada proyek Eropa dan sangat penting untuk melakukan pemantauan ketat," tambahnya.

Portugal telah mengikuti situasi ini dengan ketat mengingat bahwa Spanyol adalah mitra dagang dan ketidakpastian politik terbesar yang bisa berdampak pada bisnis.

Mourinho Felix mengatakan sekarang saatnya untuk berbicara, berdiskusi dan menemukan solusi tertata bagi keinginan Catalonia untuk mandiri.

Presiden Catalan, Carles Puigdemont mengatakan bahwa dia akan berbicara dengan parlemen daerah Selasa malam. Meskipun tidak jelas apakah dia akan mengumumkan kemerdekaan saat itu.

Komentar

 
x