Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 Oktober 2017 | 03:27 WIB

Parlemen Catalan Bahas Kemerdekaan Senin Besok

Oleh : Wahid Ma'ruf | Minggu, 8 Oktober 2017 | 07:16 WIB
Parlemen Catalan Bahas Kemerdekaan Senin Besok
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Catalonia - Parlemen Catalonia akan bertemu pada hari Senin (9102017) dalam perkembangan proses hukum kemerdekaan dari pemerintah Spanyol. Pertemuan tersebut untuk menentukan sikap terhadap hasil referendum wilaya kaya di timur laut Spanyol.

Pada hari Kamis, Mahkamah Konstitusi Spanyol menunda sidang parlemen Catalan yang dijadwalkan pada hari Senin, di mana pemimpin lokal diharapkan untuk mengumumkan kemerdekaan sepihak Catalonia dari Spanyol setelah sebuah referendum yang dilarang pada pemisahan diri pada akhir pekan.

"Parlemen akan membahas, parlemen akan bertemu. Ini akan menjadi perdebatan dan ini penting," kata Raul Romeva, kepala urusan luar negeri Catalan menjawab agenda yang akan terjadi pada hari Senin, seperti mengutip cnbc.com. Dia mengatakan bahwa krisis akan diselesaikan dengan politik, bukan melalui cara peradilan.

Euro menendang pekan ini, bulan Oktober dan kuartal keempat turun lebih rendah karena lebih dari 800 orang terluka dalam bentrokan dengan polisi di

Pada awal pekan ini, wilayah timur laut Spanyol di Catalonia, yang mengadakan referendum kemerdekaan yang sebelumnya dinyatakan ilegal oleh pemerintah pusat di Madrid. Pemimpin wilayah tersebut mengatakan bahwa hasil referendum sangat mendukung kemerdekaan dengan 90% dari 2,02 juta suara yang mendukung kemerdekaan. Sebuah deklarasi kemerdekaan bisa datang dalam beberapa hari, karena separatis mempertahankan mayoritas di parlemen Catalan.

Namun referendum ini direspon Spanyol dengan menurunkan aparat mengatasi aksi dukungan rakyat Catalonia. Langakh pemerintah berujung bentrokan sehingga menjadi sentimen negatif bagi bursa Spanyol, nilai tukar euro dan bursa Eropa selama pekan ini.

Komentar

 
x