Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 17 Oktober 2017 | 13:04 WIB

Selain PHK, TAXI Juga Siap Jual Aset

Oleh : Monica Wareza | Jumat, 6 Oktober 2017 | 13:54 WIB
Selain PHK, TAXI Juga Siap Jual Aset
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta-PT Express Transindo Utama Tbk (TAXI) berencana untuk mengurangi kewajibannya kepada Bank BCA Tbk (BBCA) yang berjumlah awal senilai Rp500 miliar.

CEO TAXI, Benny Setiawan mengatakan perseroan telah menjual aset tak terpakai berupa lahan kosong seluas 4 hektar yang berlokasi di Daan Mogot, Jakarta Barat.

"Tapi yang jelas itu aset yang tidak produktif. Tadinya itu mau dijadikan pool, tapi tidak terpakai. Jadi kalau bisa kita jual saja. Dapat uangnya untuk kurangi utang, bayar bunganya. Sehingga Beban utang akan lebih ringan dan cash flow bisa digunakan untuk hal yang lebih produktif," kata Benny di Jakarta, Jumat (6/10/2017).

Selain itu, menurut Benny, perseroan memiliki lahan dengan total seluas 14,5 hektar yang tak terpakai dan akhirnya diputuskan untuk dijual guna mengurangi beban keuangan perseroan.

Dikabarkan, untuk mengurangi beban ini perseroan juga akan menjual aset seluas 9,3 hektar di Cibubur dan 1,2 hektar di pinggir jalan Keranggan.

Dalam laporan keuangan perseroan semester I-2017, total utang Express kepada BCA saat ini sudah berjumlah Rp 454,9 miliar. Utang itu terdiri dari Rp 25,2 miliar yang jatuh tempo dalam waktu satu tahun dan jangka panjang sebesar Rp 429,7 miliar.

Selain itu perseroan juga memiliki utang obligasi sebesar Rp 994,3 miliar. Obligasi yang diterbitkan pada 2014 itu akan jatuh tempo pada 2019.

Sementara itu, sepanjang enam bulan pertama tahun ini TAXI merugi sebesar Rp 133,113 miliar. Kerugian tersebut meningkat jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 42,898 miliar. [jin]

Selain itu, untuk mengurangi beban perseroan juga dikabarkan akan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap sejumlah karyawannya.

Komentar

 
x