Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 16 Januari 2018 | 18:24 WIB

Bisnis Kesehatan Redup, Lippo Mainkan Meikarta?

Oleh : Monica Wareza | Jumat, 6 Oktober 2017 | 11:05 WIB
Bisnis Kesehatan Redup, Lippo Mainkan Meikarta?
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Analis Mirae Asset Sekuritas, Franky Rivan mengatakan Lippo Group melirik industri properti lagi melalui proyek Meikarta menggunakan PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR). Industri properti, khususnya segmen menengah ke bawah jauh lebih menarik dibandingkan industri kesehatan sekarang ini.

"Berhubung dana rights issue PT Siloam International Hospital Tbk (SILO) digunakan mengakuisisi rumah sakit milik LPKR (menurut percakapan terakhir kami dengan manajemen SILO), kami menduga dana rights issue tersebut akhirnya digunakan untuk mendanai proyek Meikarta," kata Franky dalam catatan tertulisnya, Jumat (6/10/2017).

Pengembangan properti kawakan, Grup Lippo melalui entitasnya PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK) saat ini sedang gencar-gencarnya mengembangkan sebuah proyek baru bernama Meikarta di Cikarang.

Sampai dengan laporang keuangan terakhir (1Q17), jelas Rivan, posisi saldo kas LPKR berada pada level Rp2 triliun. Sedangkan posisi ekuitas dan utang masing-masing di posisi Rp22.8 triliun dan Rp13.3 triliun.

Pada akhir Oktober 2017, anak perusahaan LPKR di bidang kesehatan yakni SILO akan melalukukan rights issue. Didugaannya, dana hasil rights issue ini akan digunakan untuk memdanai proyek Meikarta.

"Perlu dicatat bahwa skema rights issue juga akan mengurangi kepemilikan LPKR di SILO menjadi 53% dari 61.2%, yang berarti rights issue akan lebih banyak ditebus dari pihak non-Lippo. Sekalipun tidak demikian, kami percaya bahwa rights issue SILO pada akhirnya dapat mempermudah rencana peningkatan utang LPKR ke depannya," kata dia. [hid]

Komentar

 
x