Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 Oktober 2017 | 03:28 WIB

MNC Sekuritas: Kenaikan MKBD Berdampak Positif

Oleh : Monica Wareza | Rabu, 4 Oktober 2017 | 13:52 WIB
MNC Sekuritas: Kenaikan MKBD Berdampak Positif
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta- MNC Sekuritas menganggap kenaikan modal kerja bersih disesuaikan (MKBD) dapat berdampak positif untuk mendorong diversifikasi transaksi anggota bursa (AB).

Direktur Utama MNC Sekuritas, Susy Melilina mengatakan kenaikan MKBD ini akan berdampak pada kenaikan nilain transaksi investor yang juga akan menaikkan likuiditas di pasar modal. Hal ini dikarenakan AB yang memiliki MKBD di atas Rp250 miliar dapat melakukan transaksi marjin.

"Kalau dia besar artinya dia punya kekuatan untuk melakukan financing, karena sumber pendapatan sekuritas bukan hanya dari transaksi tapi juga dari mmberikan financing, kan ada interestnya," kata Susy di Gedung BUrsa Efek Indonesia (BEI), Rabu (4/10/2017).

Selain itu, tambah Susy, kenaikan MKBD juga akan membuat semakin banyak investor ritel yang dapat dijangkau oleh broker. Saat ini dari total 120 perusahaan sekuritas di Indonesia, hanya sekitar 30 perusahaan sekuritas yang memiliki MKBD di atas Rp250 miliar. Mayoritas mereka adalah broker asing yang kebanyakan melayani investor institusi. "Jadi harusnya dengan MKBD lebih besar, investor ritel bisa lebih ditingkatkan," lanjutnya.

Dengan begitu, menurut Susy, langkah BEI dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menaikkan jumlah MKBD bagi AB sudah sangat tepat. Sebab akan memberikan keuntungan kepada investor ritel di Indonesia.

"Broker memang harus kuat, investor kan mereka leverage, kalau pakai uang sendiri misal punya uang Rp1 juta, kalau saya kasih financing lagi punya Rp2 juta. Jadi lebih bisa banyak transaksi, itu pengungkit namanya, leverage. Jadi memang harus ada leverage. Teori investasi kan memang begitu," kata dia. [uji]

Komentar

 
x