Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 19 Oktober 2017 | 12:29 WIB

Ini Kunci Sukses Dalio Kelola Hedge Fund Terbesar

Oleh : Wahid Ma'ruf | Senin, 2 Oktober 2017 | 00:18 WIB
Ini Kunci Sukses Dalio Kelola Hedge Fund Terbesar
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, New York - Pendiri Bridgewater Associates, hedge fund terbesar di dunia, memiliki cerita kesuksesan selama hampir 50 tahun mengelola dana investasi menjadi institusi dan perusahaan terkaya di dunia.

Pertaruhan terakhir Ray Dalio adalah orang-orang akan mempraktikkan prinsip-prinsipnya, aturan hidup pribadi yang Dalio, (68) telah kembangkan selama beberapa dekade dan memberikan penghargaan atas kesuksesannya.

Dalio merinci dasar-dasar ini dan lebih banyak lagi dalam Prinsip yang baru diterbitkan, sebuah gambaran tumpul dan tidak sentimental tentang bagaimana rasanya menjalankan kehidupan dan bisnis Anda seperti yang dilakukan Dalio, yang dikatakan terus terang dan tanpa sentimentalitas.

Dengan demikian, buku setebal 567 halaman diberi judul "Life & Work." Siapa saja yang mencari bagaimana Bridgewater dan Dalio menghadapi kondisi ekonomi dan investasi harus menunggu buku berikutnya, yang dia janjikan akan mencakup topik-topik tertentu.

Prinsip Dalio berakar pada hiper-realisme, menerima kenyataan dan menggunakan alat dan bakat yang harus Anda pindahkan. Jika Anda beroperasi dengan pemikiran terbuka radikal seperti itu, transparansi radikal, dan kebenaran radikal dan semua, Dalio menegaskan Anda akan meningkatkan kemungkinan mendapatkan apa yang Anda inginkan dari kehidupan.

Gagasan-gagasan ini dan gagasan-gagasan inkonvensional lainnya merembes ke dalam budaya perusahaan di Bridgewater, yang mengawasi sekitar US$160 miliar aset.

Tentu saja, tidak semua orang terbuka untuk bersikap transparan, radikal atau sebaliknya, tentang kelemahan, kerentanan dan kesalahan mereka, dan metode Dalio telah memenangkannya sebagai murid dan pencela. Namun dalam pandangannya, mengakui kelemahan adalah kekuatan, baik secara pribadi maupun untuk sebuah organisasi.

Dalio berbicara pada akhir September tentang bukunya dan kondisi ekonomi saat ini. Berikut adalah versi percakapan seperti mengutip marketwatch.com.

MarketWatch: Siapa yang Anda tulis untuk buku ini, dan mengapa?

Dalio: Tema utamanya adalah tentang bagaimana memanfaatkan kegagalan, apa yang tidak Anda ketahui dan kekuatan untuk berurusan dengan baik dengan apa yang tidak Anda ketahui. Salah satu tragedi terbesar umat manusia adalah bahwa orang berpegang pada pendapat yang salah, yang menghalangi mereka membuat keputusan terbaik.

Hanya ada dua hal yang harus dilakukan agar berhasil, tahu keputusan terbaik apa, dan kemudian memiliki keberanian untuk membuatnya.

Apa yang saya temukan berguna adalah bahwa setiap kali saya membuat keputusan di pasar atau hampir keputusan, saya akan menuliskan kriteria untuk membuat keputusan itu. Dengan menuliskannya, saya akan memiliki sebuah resep sehingga ketika hal berikutnya datang, saya dapat melihatnya dan berkata, bagaimana saya harus menghadapinya?

Ini adalah tahun transisi saya dari fase kedua kehidupan saya ke fase ketiga. Saat Anda mendekati fase ketiga dalam hidup Anda, sukacita berubah. Saya tidak butuh lebih banyak kesuksesan. Kegembiraan saya dalam membantu orang lain menjadi sukses dan mandiri.

Saya merasa memiliki tanggung jawab untuk mengeluarkan semua hal yang saya ketahui dalam kumpulan prinsip ini. Saya akan mulai dengan prinsip-prinsip ekonomi dan investasi tapi saya sadar bahwa yang lebih mendasar adalah prinsip hidup dan kerja.

MarketWatch: Apa yang Anda sebut kebenaran radikal dan transparansi radikal sangat penting bagi kehidupan dan pekerjaan Anda. Apa arti prinsip-prinsip ini, dan orang macam apakah yang mau dan bisa mengikuti jejak Anda?

Dalio: Untuk kejujuran yang radikal dan memiliki ide meritokrasi, Anda harus melakukan tiga hal:

Pertama, letakkan pikiran jujur Anda di atas meja bersama orang lain dengan pikiran jujur mereka di atas meja.

Kedua, memiliki ketidaksetujuan yang bijaksana. Pendekatan itu dengan rasa ingin tahu. Mungkin aku salah. Jika dua orang tidak setuju, satu orang mungkin salah. Bagaimana Anda tahu orang itu bukan Anda? Untuk memastikan itu bukan Anda, memiliki ketidaksetujuan yang berkualitas dan bijaksana.

Ketiga, jika ada perselisihan, Anda harus memiliki cara untuk melewatinya. Tidak ada hubungan yang terkadang tidak memiliki perselisihan. Bagi saya hanya ada dua hal yang saya inginkan dari orang-orang dan saya ingin memberi mereka: kewajaran dan pertimbangan.

Saya tidak harus selalu mendapatkan apa yang saya inginkan. Jika saya memiliki hal-hal itu, saya dapat memiliki hubungan baik dengan seseorang.

Transparansi radikal itu penting karena kalau tidak Anda akan mendapatkan putaran. Jika Anda meletakkan semuanya dalam terang hari, mereka bisa membentuk opini mereka sendiri. Jika berada di balik pintu tertutup, Anda tidak benar-benar tahu apa yang sedang terjadi dan itu menghalangi gagasan meritokrasi. Dan bila Anda memiliki transparansi yang radikal, apalagi hal buruk terjadi di balik pintu tertutup.

Untuk memiliki kehidupan yang hebat, Anda harus membuat keputusan sebaik mungkin dan mereka tidak harus datang dari Anda.

MarketWatch: Anda menyebut diri Anda sebagai pembuat kesalahan profesional. Orang tidak suka melakukan kesalahan, dan tidak suka untuk menghadapinya saat melakukannya.

Dalio: Sistem kami buruk dalam hal itu, bermanfaat karena benar, menghukum karena salah. Belajar harus dimulai dengan pergi keluar dan bereksperimen dan belajar salah dan menilai salah. Jujur, itu guru terbaik. Kesalahan adalah cara belajar yang terbaik.

Komentar

 
x