Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 16 Desember 2017 | 06:43 WIB

BSM Genjot Kompetensi SDM melalui Program Magang

Oleh : Ahmad Munjin | Rabu, 27 September 2017 | 13:32 WIB
BSM Genjot Kompetensi SDM melalui Program Magang
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Mandiri Syariah berkomitmen menyiapkan SDM perbankan syariah melalui program internship (magang). Melalui kegiatan magang diharapkan muncul bibit SDM yang kemudian siap bekerja di industri keuangan syariah.

SDM Syariah disinyalir sebagai salah satu tantangan dalam perkembangan industri keuangan syariah. Hingga saat ini pangsa pasar perbankan syariah, misalnya, masih berkisar 5,3% dibandingkan perbankan umum.

Permasalahan terkait SDM syariah dibahas di dalam seminar Masyarakat Ekonomi Syariah di Kantor Pusat Mandiri Syariah, Rabu (27/9/2017).

Terkait internship, Putu Rahwidhiyasa, Direktur Risk Management & Compliance mengungkap Mandiri Syariah menggelar program Kriya. Kriya merupakan ajang penyiapan SDM melalui kegiatan magang di Mandiri Syariah. Program ini memberikan kesempatan kepada lulusan SLTA atau Diploma untuk mengenal dunia kerja dan memperoleh keterampilan sehingga dapat menjadi calon tenaga kerja yang terampil dan siap di dunia kerja.

"Kriya adalah bentuk dukungan dan kepedulian perusahaan terhadap program link and match antara dunia pendidikan dan dunia kerja sekaligus implementasi program pendidikan vokasi yang dicanangkan Pemerintah atas kebutuhan SDM industri nasional," ujar Putu.

"Program ini telah kami mulai sejak Maret 2016 dan hingga Agustus 2017 sudah ada 240 peserta Kriya tersebar di seluruh Indonesia," tambah dia.

Kriya bertujuan untuk memberikan kesempatan kerja magang kepada pelajar/mahasiswa dan lulusan yang memiliki semangat dan motivasi untuk menambah wawasan dan mempersiapkan diri menjadi tenaga profesional.

Untuk menjadi peserta Kriya, Mandiri Syariah menetapkan syarat diantaranya memiliki IPK min 2,75, berusia 1822 tahun, aktif di organisasi, mampu berkomunikasi dengan baik dan memiliki motivasi untuk belajar bekerja.

Dengan jangka waktu magang maksimal selama 1 tahun setiap peserta Kriya akan mendapatkan uang saku sesuai ketentuan yang berlaku dan sertifikat.

"Selain itu, kami juga melakukan penilaian terhadap peserta Kriya terbaik yang akan direkomendasikan menjadi pegawai Mandiri Syariah," tambah Putu.

"Ke depannya kami berharap dapat lebih banyak menyerap peserta Kriya. Sehingga dapat membantu mempersiapkan SDM yang kompeten guna memenuhi kebutuhan perbankan syariah sekaligus bentuk komitmen Mandiri Syariah terhadap konsep suistainable finance berdasar 3Ps (profit, people dan planet)," imbuhnya. [jin]

Komentar

 
x