Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 Oktober 2017 | 03:33 WIB

Darmin Tawarkan LCS, Danai Proyek Infrastruktur

Oleh : M Fadil Djailani | Rabu, 20 September 2017 | 15:40 WIB
Darmin Tawarkan LCS, Danai Proyek Infrastruktur
Menko Perekonomian Darmin Nasution - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah terus berinovasi dalam membuat skema pembiayaan pendanaan proyek infrastruktur, salah satunya dengan skema Limited Concession Scheme (LCS).

Kata Darmin, dalam skema LCS ini, menawarkan pemberian konsesi kepada swasta di aset infrastruktur yang sudah beroperasi dan menghasilkan keuntungan. "LCS ini yang salah satu instrumen yang banyak berkembang akhir-akhir ini, hanya saja saya perhatikan ini bukan pasar modal. Pemerintah akan membuat aturan untuk LCS," kata Darmin di Bursa Efek Indonesia Jakarta, Rabu (20/19/2017).

Nantinya, kata mantan Gubernur Bank Indonesia (BI), investor swasta harus membayar uang dalam jumlah besar (upfront cash) di awal kerja sama sebagai pendapatan diterima di muka bagi Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Namun konsekuensinya, BUMN terkait harus rela berbagi pengelolaan dengan investor swasta.

Dengan skema ini, investor swasta diberikan jalan untuk masuk ke dalam berbagai proyek infrastruktur pemerintah. "Dengan ini semua, kami percaya pendalaman pasar keuangan terjadi," katanya.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) juga sempat menyinggung soal variasi instrumen investasi untuk pembiayaan infrastruktur dengan skema Pembiayaan Investasi Non Anggaran Pemerintah (PINA) yang masih relatif terbatas.

Skema PINA dan Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) memang diharapkan bisa menjadi solusi mengatasi kebutuhan pembiayaan proyek infrastruktur nasional yang besar melalui keterlibatan sektor swasta. [hid]

Komentar

 
Embed Widget

x