Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 11 Desember 2017 | 20:10 WIB

Likuiditas Ketat, Pefindo Turunkan Rating TAXI

Oleh : Monica Wareza | Selasa, 19 September 2017 | 14:58 WIB
Likuiditas Ketat, Pefindo Turunkan Rating TAXI
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) telah menurunkan rating PT Express Trasindo Utama Tbk (TAXI) dan Obligasi semester I-2014 naik menjadi BB+ dari BBB.

Analis Pefindo, Yogie Surya Perdana mengatakan penurunan peringkat ini disebabkan ileh pelemahan yang signifikan atas rasio-rasio kredit utama perseroan, termasuk pelemahan atas profil likuiditas, pengelola armada taksi Ekspres ini.

"Penurunan peringkat juga mencerninkan ekspektasi kami bahwa kinerja keuangan perseroan pada tahun 2017-2018 akan berada di bawah proyeksi awal, target yang menurut kami cukup konservatif," kata Yogie di Kantor Pefindo Jakarta, Selasa (19/9/2017).

Selain itu, menurut Yogie, keputusan Mahkamah Agung untuk mencabut 14 pasal dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 26 Tahun 2017 menjadi sebuah kemunduran bagi industri taksi konvensional.

Padahal, peraturan ini mengatur taksi berbasis aplikasi, termasuk pencabutan atas pengaturan tarif batas bawah dan batas atas, kuota regional dan persyaratan yabg mewahibkan semua armada untuk terdaftar atas nama badan hukum.

Sehingga peraturan yang tadinya dianggap mampu menjaga persaingan industri transportasi antara taksi konvensional dengan taksi berbasis aplikasi justru berdampak negatif.

"Kami mempertahankan outlook negatif untuk mengantisipasi penurunan lebih lanjut pada profil keuangan perseroan, terutama disebabkan posisi likuiditas yang semakin ketat dan meningkatnya risiko refinancing dari obligasi perseroan yang jatuh tempo tahun depan," katanya. [fdl]

Komentar

 
x