Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 27 September 2017 | 01:12 WIB

PT Chandra Asri Raih Rp5,03 T dari Saham Baru

Oleh : Wahid Ma'ruf | Rabu, 13 September 2017 | 11:58 WIB
PT Chandra Asri Raih Rp5,03 T dari Saham Baru
PT Chandara Asri Petrochemical Tbk (TPIA) - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT Chandara Asri Petrochemical Tbk (TPIA) menambah modal dengan memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue sebesar Rp5,03 triliun.

Penambahan saham baru sebanyak 279.741.494 saham menjadi 3.566.704.052 saham. Untuk komposisi saham publik atau free float sebesar 9,06%. Demikian mengutip keterbukaan informasi di BEI, Rabu (13/9/2017).

Dengan demikian perseroan telah memenuhi persyaratan free float 7,5% menurut ketentuan V.1 Peraturan Bursa Efek Indonesia No. 1-A. Dengan bertambahnya basis investor, likuiditas perdagangan saham akan meningkat dan lebih memperluas akses perseroan ke apra modal domestik maupun luar negeri.

Dana hasil penerbitan saham baru tersebut senilai US$378 juta untuk membiayai belanja modal untuk meningkatkan produksi dan diversifikasi produk yang bertujuan untuk meningkatkan skala usaha. Dalam aksi korporasi ini para memegang saham utama perseroan PT Barito Pacofoc Tbk, Marigold Resources Pte. Ltd dan Prajogo Pangestu tidak melaksanakan HMETDnya. Sementara SCG Chemicals Co, Ltd melaksanakan seluruh haknya dalam rights issue.

"Antusiasme investor terhadap rights issue perseroan sangat tinggi, terlihat dari adanya oversubscription saham baru. Suksesnya rights issye kami tidak terlepas dari dukungan para pemegang saham, investor, regulator dan pemangku kepentingan lainnya," kata Presdir TPIA, Erwin Ciputra.


TPIA adalah emiten bergerak dalam bidang usaha industri petrokimia, perdagangan, angkutan dan jasa. Saat ini, TPIA menjalankan usaha petrokimia yang terintegrasi secara vertikal di Indonesia dengan fasilitas-fasilitasnya yang terletak di Ciwandan, Cilegon dan Puloampel, Serang Banten.

Produk-produk utama Chandra Asri, antara lain: Olefins (ethylene, propylene, Py-Gas dan mixed C4), Polyolefins (polypropylene dipasarkan dengan merek Trilene dan polyethylene dipasarkan dengan merek Asrene dan Grene), Styrene Monomer, dan Butadiene.

Para pemegang saham Barito Pacific Tbk (pengendali) (45,04%), SCG Chemicals Company Limited (30,57%), Magna Resources Corporation Pte Ltd (15,02%) dan Marigold Resources Pte Ltd (5,15%).

 
x