Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 November 2017 | 07:46 WIB

Bursa Global Mulai Lupakan Isu Korut dan Irma

Oleh : Wahid Ma'ruf | Senin, 11 September 2017 | 20:29 WIB
Bursa Global Mulai Lupakan Isu Korut dan Irma
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, New York - Setelah berminggu-minggu melakukan perdagangan secara hati-hati karena badai besar dan ancaman Korea Utara, investor akhirnya kembali ke sesi perdagangan mereka dengan leluasa pada awal pekan ini.

Pada perdagangan Senin (11/9/2017), investor telah siap untuk mengambil risiko lebih besar. Artinya dapat mengirim saham lebih tinggi ke seluruh papan dan melepas aset havens tradisional seperti emas dan yen.

Suasana perdagangan yang optimis terjadi karena peluncuran rudal Korea Utara yang sangat ditakuti tidak terjadi. Pyongyang malah merayakan hari pendiriannya dengan mengakui keberhasilan akhir pekan lalu dalam menguji sebuah bom nuklir.

Selain itu, sementara Badai Irma memukul bagian-bagian Karibia dan Florida, kerusakan itu tidak seburuk yang diperkirakan para pedagang.

"Pada hari yang sebagian besar tidak memiliki catatan pelepasan ekonomi utama, Kim Jong-Un yang memberikan sumber sentimen bullish tidak mungkin terlihat di pasar global pagi ini," kata Joshua Mahony, analis pasar di IG, dalam sebuah catatan, seperti mengutip marketwatch.com.

"Mengingat bahwa Korea Utara telah menyediakan salah satu penggerak utama volatilitas dalam beberapa pekan terakhir, pertemuan PBB hari ini mengenai kemungkinan penerapan sanksi lebih lanjut terhadap negara akan menjadi penting untuk mengukur seberapa besar kemungkinan kita untuk melihat tes rudal lebih lanjut di tempat yang dekat masa depan," tambahnya.

Inilah yang melihat bagaimana pasar diperdagangkan pada hari Senin karena investor berbalik lebih optimis.

MSCI All-Country World Index naik 0,3% menjadi 481,21 pada hari Senin, cukup untuk mengirimkannya ke level tertinggi sepanjang masa.

Langkah tersebut sebagian besar didorong oleh kenaikan di Asia dan Eropa, meskipun bursa berjangka A.S. mengindikasikan pasar di Amerika Serikat akan memberikan kontribusi pada kenaikan ketika mereka membuka.
Dow berjangka

Kontrak untuk Dow Jones Industrial Average YMZ7, + 0,56% menguat 120 poin, atau 0,6% menjadi 21.899, di jalur rebound dari penurunan 0,9% pekan lalu.

Kontrak untuk indeks S & P 500 ESU7, + 0,53% melonjak 0,6%, sedangkan untuk Nasdaq-100 NQZ7, + 0,75% naik 0,8%.
Emas

Sementara itu, emas GCZ7, -1,05% mengalami nafsu makan baru untuk aset berisiko. Kontrak Desember turun $ 9,50 atau 0,7% menjadi $ 1,341.60 per ounce, setelah menetap di level tertingginya sejak 6 September 2016, pada hari Jumat.
Dolar

Greenback melepaskan beberapa kelemahannya baru-baru ini, mengirim indeks dolar ICE DXY, + 0,30% 0,1% lebih tinggi ke 91,483. Langkah terbesar adalah melawan yen, dengan dolar membeli 108,53 dibandingkan dengan 107,84 Jumat malam di New York.

Komentar

 
x