Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 26 September 2017 | 17:52 WIB
Hightlight News

Menunggu Kejutan ECB di Bulan Oktober

Oleh : Wahid Ma'ruf | Jumat, 8 September 2017 | 20:08 WIB

Mungkinkah ECB meningkatkan pembelian asetnya?

Tapi apa yang bisa kita harapkan?

Apa artinya ini bagi suku bunga?

Mungkinkah ECB meningkatkan pembelian asetnya?
facebook twitter

Sementara bank sentral cenderung memperpanjang program pembelian obligasi, kenaikan level saat ini tidak mungkin mengingat kondisi ekonomi yang membaik. ECB pada hari Kamis merevisi naik perkiraan pertumbuhannya untuk 2017 dari 1,9 persen menjadi 2,2 persen - perkiraan terkuat sejak dimulainya krisis keuangan.

Bisa juga tidak mungkin, menurut beberapa pengamat, yang menyarankan agar bank sentral kehabisan aset untuk membeli.

Draghi berusaha untuk membatalkan kekhawatiran ini pada hari Kamis dengan mengatakan bahwa bank sentral "siap untuk meningkatkan program pembelian aset kita dalam hal ukuran dan / atau durasi." Dia juga menegaskan bahwa ECB telah mengatasi masalah kelangkaan tersebut sebelum dengan mengutak-atik kriteria kelayakannya.

Ekonom senior Pictet Frederik Ducrozet mencatat bahwa bank tersebut kemungkinan akan mengubah bias asetnya untuk memperhitungkan hal ini.

"Kesan kami adalah bahwa ECB sedang menuju perubahan komposisi QE yang mendukung hutang swasta dengan mengorbankan pembelian utang dan juga fleksibilitas penggunaan program yang lebih besar pada tahun 2018," kata Ducrozet dalam sebuah catatan penelitian.

 

1 2 3 4

0 Komentar

Kirim Komentar


Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

x