Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 26 September 2017 | 17:52 WIB
Hightlight News

Menunggu Kejutan ECB di Bulan Oktober

Oleh : Wahid Ma'ruf | Jumat, 8 September 2017 | 20:08 WIB

Tapi apa yang bisa kita harapkan?

Mungkinkah ECB meningkatkan pembelian asetnya?

Tapi apa yang bisa kita harapkan?
facebook twitter

Mengakhiri program pembelian aset ECB? Elemen inti pelonggaran kuantitatif ECB adalah program pembelian asetnya. Strategi tersebut telah melihat bank sentral membeli obligasi pemerintah dan aset keuangan dalam upaya pelampung ekonomi.

Saat ini tingkat pembelian ini ditetapkan sebesar 60 miliar euro atau setara dengan US$72 miliar per bulan. Namun, kerangka waktu dari program ini berakhir pada bulan Desember, dan dengan ekonomi menunjukkan tanda-tanda penguatan, banyak pengamat mulai mengharapkan sebuah perubahan. Hal ini sangat tidak mungkin menghasilkan penghentian program secara keseluruhan, namun secara bertahap untuk meruncing.


Ekonom dari Barclays, Deutsche Bank dan Pictet sepakat bahwa pembelian aset akan berkurang menjadi 35 miliar sampai 40 miliar euro per bulan sampai Juni. Pictet mengantisipasi bahwa program pembelian aset dapat diselesaikan pada akhir 2018, sementara Barclays mengharapkan ECB untuk mempertahankan pembelian sebesar 15 miliar sampai 20 miliar euro per bulan.

Yang terakhir mengatakan dalam sebuah penelitian bahwa "manajemen risiko yang hati-hati" akan mencegah ECB mengumumkan penurunan penuh ke nol karena hal ini dapat menyebabkan rally euro yang lain.

Citi telah mencatat bahwa ECB dapat mengambil pendekatan yang lebih samar dan hanya mengungkapkan "amplop 2018" pembelian tanpa menentukan tingkat bulanan. Hal ini akan memberi bank fleksibilitas yang lebih besar untuk menanggapi euro yang menguat dan faktor lainnya. Citi saat ini menetapkan amplop ini senilai 150 miliar euro untuk tahun ini, menambahkan bahwa perkiraannya akan direvisi "jika kondisi keuangan memburuk secara signifikan."

 

1 2 3 4

0 Komentar

Kirim Komentar


Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

x