Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 November 2017 | 11:16 WIB

Kioson Tak Permasalahkan Pajak e-Commerce

Oleh : Monica Wareza | Kamis, 7 September 2017 | 15:33 WIB
Kioson Tak Permasalahkan Pajak e-Commerce
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT Kioson Komersial Indonesia tak mempermasalahkan pajak yang akan dikenakan kepada bisnis e-commerce saat ini aturannya tengah dipersiapkan oleh Kementerian Keuangan.

Direktur Utama Kioson, Jasin Halim mengatakan pihaknya merasa tidak terlalu bermasalah jika nanti Kementerian Keuangan mengenakan pajak kepada bisnis-bisinis e-commerce di Indonesia.

"Terkait pajak e-commerce buat kita nggak masalah karena kita melakukan transaksi ini," kata Jasin di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Kamis (7/9/2017).

Menurut Jasin, pengaruh pajak e-commerce ini justru akan lebih dirasakan oleh toko-toko yang menjadi mitra penjualannya. Karena nanti setiap transaksi yang dilakukan oleh para mitranya inilah yang akan dikenai pajak. "Secara e-commerce buat kita tidak terpengaruh sama sekali," lanjutnya.

Pemerintah melalui Peraturan Presiden Nomor 74 Tahun 2017 yang mengatur Tentang Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik atau Road Map e-commerce akan mengatur pungutan pajak bagi e-commerce.

Tujuan dari pungutan pajak ini adalah mencapai target penerimaan pajak sebesar Rp1.609,4 triliun di tahun 2018. Pemerintah menilai pajak e-commerce adalah sektor yang dapat dikejar untuk meningkatkan penerimaan perpajakan. [hid]

Komentar

 
x