Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 September 2017 | 15:38 WIB

Inilah Syarat Rights Issue Bagi PT Chandra Asri

Oleh : Monica Wareza | Selasa, 5 September 2017 | 13:38 WIB
Inilah Syarat Rights Issue Bagi PT Chandra Asri
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) mencatatkan saham rights issue pada Selasa (29/8/2017) lalu, dari aksi korporasi ini perseroan ditargetkan dapat mengantongi dana sebesar Rp5,03 triliun.


Direktur Penilaian Perusahaan. Bursa Efek Indonesia (BEI), Samsul Hidayat mengatakan memang ada banyak perusahaan melakukan rights issue. Artinya memang sebagian perusahaan di samping memenuhi ketentuan free float, juga banyak yang melakukan kebutuhan untuk investasi sehingga membutuhkan dana tambahan dari pemegang saham.


"Yang penting rights issue itu salah satunya untuk nambah floating sharenya di market. Di samping itu mereka juga ada rencana untuk melakukan pengembangan usaha," kata Samsul di Gedung BEI Jakarta, Selasa (5/9/2017).


Menurut Samsul, selain TPIA cukup banyak juga emiten yang menambah jumlah saham yang free float hanya saja menanggapi industri yang masih kurang menarik, hanya TPIA saja yang berhasil sejauh ini.


Sementara itu, sebelumnya TPIA masih belum memenuhi jumlah saham floating yang diwajibkan leh pihak bursa yakni 7,5%. TPIA awalnya hanya memenuhi 3,92% dari total saham wajib floating.


Sementara itu, menurut Samsul, emiten yang masih belum memenuhi jumlah saham free floatnya telah diberikan sanksi berupa suspensi hingga mampu memenuhi peraturan tersebut atau denda.


"Nah kalau yang tidak mau kerja sama dengan kita dalam hal ini kan tujuan kita untuk meningkatkan likuiditas saham mereka juga. Kalau mereka enggak ada upaya untuk itu ya mau enggak mau kita akhirnya mengatakan mereka enggak bisa kerja sama," tambah dia. [hid]

 
x