Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 September 2017 | 15:28 WIB

Genjot Reksa Dana, OJK dan KSEI Resmikan S-INVEST

Oleh : Monica Wareza | Selasa, 5 September 2017 | 09:47 WIB
Genjot Reksa Dana, OJK dan KSEI Resmikan S-INVEST
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) meresmikan kewajiban penggunaan layanan Sistem Pengelolaan lnvestasi Terpadu (S-INVEST) untuk kegiatan Transaksi Aset Dasar.

Direktur Pengelolaan Investasi OJK, Sujanto mengatakan dengan adanya S-INVEST ini maka transaksi reksa dana menjadi lebih efisien dan efektif karena banyak pihak yang sudah terlibat dalam proses tersebut.

"Industri pengelolaan investasi di Indonesia diharapkan semalin efektif dengan pemberlakuan kewajiban penggunaan S-INVEST untuk Transaksi Aset Dasar," kata Sujanto di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (5/9/2017).

Transaksi Aset Dasar adalah kegiatan yang berkaitan dengan investasi dan divestasi aset yang menjadi dasar produk investasi, dimana sebelum melalui S-INVEST para pelaku industri Reksa Dana harus menggunakan fax atau email sebagai alat komunikasi untuk aktivitas terkait Transaksi Aset Dasar, seperti trade details, tade allocation, trade confirmation maupun settlement instruction.

"Dengan berlakunya kewajiban penggunaan S-INVEST untuk Transaksi Aset Dasar maka alur bisnis industri pengelolaan lnvestasi diharapkan dapat semakin terintegrasi," kata Syafruddin, Direktur KSEI.

Menurut Syafruddin, Modul Order Routing maupun modul PTP dalam S-INVEST dibangun untuk mewujudkan mekanisme pasar yang terpusat dan terintegrasi sehingga dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Dengan diimplementasikannya modul PTP di S-INVEST, maka seluruh kegiatan tersebut dapat dilakukan secara elektronik dan terpusat dengan menggunakan S-INVEST.

Cakupan layanan S-INVEST untuk kegiatan Transaksi Aset Dasar sebagaimana yang dimaksud pada POJK Nomor 28/POJK.04/2016 meliputi investasi dan divestasi aset yang menjadi dasar Produk Investasi, alokasi, proses pemasangan/pencocokan instruksi penyelesaian Transaksi Efek, konfirmasi transaksi dan instruksi penyelesaian. [jin]

 
Embed Widget

x