Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 26 September 2017 | 17:57 WIB

PT Garuda Rugi Besar, Ini Langkah Menteri Rini

Oleh : Monica Wareza | Kamis, 31 Agustus 2017 | 18:07 WIB
PT Garuda Rugi Besar, Ini Langkah Menteri Rini
PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan menganalisa lagi faktor yang menyebabkan PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) menjadi BUMN yang paling merugi tahun ini.

Menteri BUMN, Rini Soemarno mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan analisa terkait rute penerbangan GIAA yang dianggap kurang menguntungkan dan melakukan restrukturisasi rute tersebut.

"Kita lagi restrukrisasi rutenya kita lihat kembali, kita analisa. Efisiensi juga akan dilakukan," kata Rini di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Kamis (31/8/2017).

Langkah lainnya yang akan dilakukan BUMN untuk meningkatkan aset perusahaan milik BUMN ini adalah dengan pendapatan dari hasil penawaran umum atas saham entitas anak milik GIAA, yakni GMF Aero Asia.

"Nah yang kita lakukan, GMF kita listing sebelum akhir tahun dan semoga dapet pendapatan yang lebih untuk Garuda jadi di akhir tahun jadi lebih sedikit ruginya," lanjutnya.

Sebagai maskapai penerbangan milik pemerintah, Garuda Indonesia mengalami kerugian luar biasa. Sepanjang semester I tahun ini, perseroan telah mengantongi kerugian sebesar US$283,8 juta.

Sementara itu, GMF Aero Asia akan melepas sebesar 30% sahamnya ke publik melalui skema penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO). Dari proses ini, GIAA menargetkan dapat memperoleh dana sebesar Rp1,9 triliun. [hid]

 
x