Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 November 2017 | 06:59 WIB

AirAsia Back Door Listing, Ini Respons BEI

Oleh : Monica Wareza | Kamis, 31 Agustus 2017 | 16:25 WIB
AirAsia Back Door Listing, Ini Respons BEI
Direktur Utama BEI, Tito Sulistio - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta-Bursa Efek Indonesia (BEI) menganggap rencana back door listing yang akan dilakukan oleh PT Indonesia AirAsia (IAA) melalui emitennya, PT Rimau Multi Putra Pratama Tbk (CMPP) merupakan kebijakan perusahaan.

Direktur Utama BEI, Tito Sulistio mengatakan bahwa kebijakan tersebut merupakan hak dari perusahaan untuk melakukan IPO atau melakukan back door listing melalui perusahaan lain.

"Itu kan hak mereka mau IPO atau melakukan back door listing," kata Tito di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Kamis (31/8/2017).

Menurut Tito, untuk kasus IAA ini adalah hal biasa. Hanya saja kebetulan perusahaan yang dibeli oleh emitennya lebih besar dibandingkan dengan perusahaan induknya.

Namun, hal ini tentunya dapat berpengaruh pada lini bisnis yang dijalankan oleh perseroan. dari sebelumnya bisnis utama perseroan adalah di bidang pengangkutan batu bara dan pelayaran menjadi bisnis penerbangan setelah transaksi dengan IAA dilaksanakan.

IAA akan menjadi anak usaha langsung dari CMPP setelah dilakukan transaksi pembelian sekuritas perpetual yang diterbitkan IAA senilai RP2,60 triliun yang nantinya akan dikonversi menjadi saham baru IAA.

Nantinya, sekuritas perpetual tersebut akan dikonversi menjadi saham IAA dengan conversion rate sebesar Rp10,78 juta sebanyak 241.067 lembar saham. Artinya dengan proses ini makanya CMPP akan memiliki sebanyak 57,25% dari saham IAA. [jin]

Komentar

 
x