Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 17 Oktober 2017 | 12:57 WIB

BEI akan Proteksi Freeport dari Asing Jika Listing

Oleh : Monica Wareza | Rabu, 30 Agustus 2017 | 14:17 WIB
BEI akan Proteksi Freeport dari Asing Jika Listing
Direktur Utama BEI, Tito Sulistio - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Bursa Efek Indonesia (BEI) bisa melakukan proteksi dari asing jika sewaktu-waktu PT Freeport Indonesia, sehingga hanya rakyat Indonesia saja yang bisa menikmati saham ini nanti.

Direktur Utama BEI, Tito Sulistio mengatakan stakeolder terbesar di Indonesia adalah rakyat Indonesia sehingga sudah selayaknya rakyat juga diberikan k esempatan untuk menikmati dampak dari divestasi Freepot.

"Nanti ditakutkan asing beli lagi, langsung kita protek. Kalau perlu 2 tahun asing ga boleh beli, itu bisa dibikin," kata Tito di Gedung BEI Jakarta, Rabu (30/8/2017).

Menurut Tito, rakyat Indonesia layak untuk merasakan pemerataan pendapatan melalui kepemilikan. Cara paling mudah bagi rakyat Indonesia untuk merasakan kepemilikannya adalah melalui pasar modal sehingga pihak BEI selalu menyarankan agar Freeport listing di bursa saham Indonesia.

Seperti diketahui, pemerintah masih belum belum menetapkan langkah untuk mengambilalih saham Freeport Indonesia. Namun sejauh ini telah disiapkan enam skema pengambilalihannya yang tertuang dalam Peraturan Menteri ESDM No. 9 Tahun 2017 tentang Tata Cara Divestasi Saham dan Mekanisme Penetapan Harga Saham Divestasi Pada Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara.

Dalam aturan tersebut pemerintaha telah menetapkan beberapa opsi yang dilakukan secara berjenjang, antara lain pemerintah pusat, pemerintah daerah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), perusahaan swasta nasional dan terakhir penawaran umum saham perdana alias IPO. [hid]

Komentar

 
x