Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 26 September 2017 | 16:06 WIB

Rupiah Dibuka Berotot di Rp13.332

Oleh : - | Rabu, 30 Agustus 2017 | 12:11 WIB
Rupiah Dibuka Berotot di Rp13.332
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Rabu pagi (30/8/2017), menguat 8 poin menjadi Rp13.332 dibandingkan sebelumnya Rp13.340 per US$.

Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada, mengatakan, mata uang Garuda mengalami apresiasi terhadap US$, meski cenderung terbatas.

Perkembangan konflik di Semenanjung Korea yang belum mereda membuat pelaku pasar menahan diri untuk masuk ke aset-aset di negera berkembang. "Permintaan atas aset-aset safe haven yang meningkat berimbas pada terbatas pergerakan rupiah," kata Reza.

Reza menambahkan, harga minyak mentah dunia yang bergerak di area negatif, diperkirakan bakal menahan laju mata uang berbasis komoditas, termasuk rupiah.

Terpantau, harga minyak jenis WTI Crude melemah 0,28% menjadi US$46,31 per barel, dan Brent Crude turun 0,29% menjadi US$51,85 per barel.

Analis Monex Investindo Futures, Faisyal menambahkan, laporan tenaga kerja dari ADP (Automatic Data Processing Inc), serta Produk Domestik Bruto (PDB) AS pada kuartal kedua yang akan dirilis sedang menjadi perhatian pasar. Alhasil, pergerakan mata uang dunia menjadi terbatas. "Data ekonomi AS yang lebih baik akan menopang penguatan dolar AS terhadap sejumlah mata uang dunia," kata Faisyal.

Saat ini, menurut Faisyal, pergerakan US$ relatif terbatas, mengingat belum adanya pandangan pasar terhadap kebijakan moneter dari Ketua The Fed Janet Yellen setelah berpidato di Jackson Hole. [tar]

Tags

 
x