Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 26 September 2017 | 17:59 WIB

Ini Cara BBNI Atasi Gangguan Satelit Telkom-1

Oleh : - | Senin, 28 Agustus 2017 | 17:00 WIB
Ini Cara BBNI Atasi Gangguan Satelit Telkom-1
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Terkait gangguan di Satelit Telkom-1 yang berdampak kepada layanan Anjungan Tunai Mandiri (ATM), PT Bank Negara Indonesia Tbk (Persero/BBNI) telah menyiapkan antisipasi. Apa itu?

Untuk ATM yang mengalami gangguan, bank pelat merah ini mengerahkan mobil BNI Layanan Gerak (BLG). Mobil ini bersiaga di 50 outlet yang mengalami gangguan ATM.

"BLG atau mobil-mobil yang didesain untuk memberikan perlayanan perbankan secara mobile sudah dikerahkan, kami juga mengarahkan nasabah outlet-outlet yang terganggu jaringan komunikasinya ke outlet terdekat yang tidak mengalami gangguan," ujar Kiryanto, Sekretaris Perusahaan BNI di Jakarta, Senin (28/8/2017).

Hingga Senin siang, kata Kiryanto, dari 1.600 outlet yang dimiliki BNI, sebanyak 51 outlet masih terganggu. Sedangkan, dari 17.000 ATM yang dimiliki BNI, 1.500 di antaranya terganggu karena gangguan Satelit Telkom-1. "BNI menyampaikan permohonan maaf kepada para nasabah atas ketidaknyamanan bertransaksi," ujar Kiryanto.

Kiryanto mengimbau kepada nasabah untuk lebih menggunakan layanan perbankan elektronik BNI seperti internet banking, mobile banking, phone banking dan sms banking, selain penggunaan ATM.

BNI, kata Kiryanto, telah mendapatkan kepastian dari perusahaan penyedia jaringan komunikasi bahwa sudah ada petugas yang disiapkan untuk mendatangi "outlet" BNI di daerah secara bertahap sejak Minggu (27/8/2017).

Sambil menunggu tuntasnya proses pemulihan oleh petugas dari perusahaan provider, BNI menetapkan langkah-langkah pelayanan secara terbatas.

Sebelumnya, pada Jumat (25/8/2017), sekitar pukul 16.51 WIB telah terjadi anomali pada satelit Telkom-1 yang berakibat pada pergeseran pointing antena, sehingga semua layanan transponder dari satelit itu terganggu.

PT Telkom Indonesia Tbk (Persero/Telkom) sebagai operator satelit akan memigrasi layanan Satelit Telkom 1 ke Satelit Telkom 2 dan Satelit Telkom 3S yang diperkirakan selesai pada 10 September 2017. Sehubungan dengan kejadian ini, Telkom meminta maaf kepada masyarakat khususnya para pelanggan Satelit Telkom-1. [tar]

 
x