Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 September 2017 | 15:39 WIB

Gangguan Satelit Berdampak pada 2.000 ATM Mandiri

Oleh : - | Senin, 28 Agustus 2017 | 00:15 WIB
Gangguan Satelit Berdampak pada 2.000 ATM Mandiri
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Sebanyak 2.000 mesin ATM Bank Mandiri terkena dampak dari gangguan Satelit Telkom 1 milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk.

"Bank Mandiri juga mengalami gangguan di 2000 ATM dari total 17.695 ATM yang dimiliki Bank Mandiri," kata Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas di Jakarta, Minggu (27/8/2017).

Rohan menuturkan, mesin ATM yang mengalami gangguan adalah mesin ATM yang menggunakan jaringan VSAT.

"Saat ini, proses perbaikan bersama Telkom sedang dilakukan, dimana Telkom mengalihkan jaringan ke satelit Telkom 3 sebagai bagian dari recovery selama proses perbaikan satelit Telkom 1 selesai dilakukan," ujar Rohan Sebelumnya, Satelit Telkom 1 mengalami gangguan berupa pergeseran pointing antena satelit.

Gangguan satelit tersebut mengakibatkan mesin ATM dari sejumlah bank mengalami off line, seperti ATM BCA dan Bank Mandiri.

Telkom sendiri menyatakan saat ini perseroan masih melakukan pemulihan layanan transponder dengan mengalihkan sejumlah pelanggan ke transponder satelit Telkom 3S dan satelit lainnya.

Proses migrasi pelanggan Telkom 1 terus dilakukan hingga seluruh pelanggan termigrasi. Dengan solusi migrasi ke satelit lain, diharapkan layanan pelanggan dapat kembali berjalan dengan normal. [tar]

 
x