Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 November 2017 | 11:15 WIB

Inlah Penghambat Perkembangan Bisnis Start Up

Oleh : Monica Wareza | Kamis, 24 Agustus 2017 | 15:47 WIB
Inlah Penghambat Perkembangan Bisnis Start Up
(Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Bisnis start up memiliki tantangan tersendiri dalam pengembangannya, salah satunya adalah masalah pendanaan yang masih sulit didapatkan.

Kepala Divisi Pengembangan Investor Bursa Efek Indonesia (BEI), Irmawati Amran mengatakan tantangan yang dimiliki start up saat ini adalah bagaimana start up ini nantinya mengembangkan aplikasinya agar bisa dilirik oleh investor.

"Mereka kan butuh uang nih buat marketing tapi karena bisnis modal start up ini agak beda jadi mereka ga kejar revenue dulu, jadi mereka ngejar dulu aplikasinya. Kalau sudah banyak yang pake nanti akan makin banyak investornya," kata Irma di Gedung BEI, Kamis (24/7/2017).

Menurut Irma, semakin banyak jumlah pengguna aplikasi tersebut akan semakin bagus sehingga ketika start up tersebut melakukan presentasi kepada investor maka jumlah pengguna tersebut akan menjadi pertimbangan untuk melihat tingkat pertumbuhannya.

Namun sayang, pengembangan aplikasi ini justru terkendala dengan pembuat program aplikasi yang tersertifikasi yang memerlukan biaya yang mahal. Untuk itu salah satu langkah yang diambil oleh pengembang adalah dengan menarik founder yang memiliki kemampuang di bidang pemrograman.

"Kendala orang-orang bisnis adalah programernya. Cari programmer itu susah sekali, ada tapi mahal. Yang sertifikat itu belum naik aja sudah 10 juta per bula, terus naik jadi 15-25 juta. Jadi itu juga hambatannya makanya beberapa daru mereka coba cari co-founder itu orang IT," jelas Irma. [hid]

Komentar

 
x