Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 November 2017 | 07:29 WIB

PT Garuda Pastikan Bayar Ini Demi Bonds Holder

Oleh : Monica Wareza | Kamis, 24 Agustus 2017 | 01:03 WIB
PT Garuda Pastikan Bayar Ini Demi Bonds Holder
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Para Pemegang Global Sukuk Garuda Indonesia senilai US$500 juta telah memberikan persetujuan pelonggaran kepada PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA), dengan persyaratan harus membayar biaya partisipasi.

Direktur Utama perseroan, Pahala Mansury mengatakan 75% dari pemegang sukuk tersebut sudah menyetujui untuk memberikan kelonggaran sebagai akibat penurunan ekuitas dengan syarat harus membayar semacam 'sweetener'.

"Jadi di situ kita harus memenuhi semacam 'sweetener' kurang dari 1% dari outstanding sukuk saat ini, kita tentunya harus penuhi. Jadi semua kewajiban-kewajiban yang memang kita miliki harus kita penuhi sebelum itu," kata Pahala di Jakarta, Rabu (23/8/2017).

Selain dari pembayaran yang diwajibkan kepada setiap pemegang sukuk ini, perseroan juga harus menandatangani Sumpplemental Declaration of Trust yang memberlakukan perubahan-perubahan yang diajukan. "Tapi nggak ada kewajiban kita untuk mempercepat pembayaran apa segala macem itu nggak ada," tambahnya.

Dari keterbukaan informasi Singapore Stock Exchange, GIAA harus membayarkan sebanyak 0,6% dari total outstanding sukuk saat ini yang sebesar US$493,7 juta. Artinya BUMN penerbangan ini harus membayarkan sebanyak US$2,96 juta kepada para pemegang sukuk ini.

Sebelumnya, perseroan telah mengajukan permohonan persetujuan atau Consent Solicitation kepada para pemegang sukuk yang jatuh tempo pada 2020 nanti untuk permohonan perubahan atas ketentuan dalam sukuk global yang telah diterbitkan perseroan pada tahun 2015 lalu.

Perseroan mengajukan surat permohonan ini karena kondisi ekuitas perseroan saat ini tidak memenuhi ketentuan yang sesuai dengan masa saat penerbitan sukuk global tersebut. Dalam ketentuan tersebut perseroan harus memiliki ekuitas dengan nilai minimal sebesar US$800 juta.

Sementara itu berdasarkan laporan keuangan perseroan per tanggal 30 Juni 2017 total ekuitas perseroan hanya sebesar US$717,69 juta. Posisi ini mengalami penurunan secara year on year dari posisi tahun lalu yang sebesar US$101 miliar. [hid]

Komentar

 
x