Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 November 2017 | 11:09 WIB

Ini Langkah JSMR Bila Gunakan e-Toll

Oleh : Monica Wareza | Minggu, 20 Agustus 2017 | 16:17 WIB
Ini Langkah JSMR Bila Gunakan e-Toll
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT Jasa Marga Persero Tbk (JSMR) berencana untuk memberlakukan gardu tol dengan sistem e-toll untuk mengurangi kemacetan. Bagaimana nasib pegawainya kelak?

AVP Corporate Communication perseroan, Dwimawan Heru Santoso mengatakan elektronifikasi gardu tol akan dilakukan tanpa harus mengorbankan karyawan dengan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Perubahan gerbang tol menjadi gardu tol otomatis (GTO) dilakukan secara bertahap, sehingga tidak serta merta GTO menjadi 100%," kata Heru, Jumat (18/8/2017).

Menurut Heru, sejalan dengan pentahapan ini, pihak JSMR juga akan mulai memberdayakan para karyawan pengumpul tol ini, misalnya menjadi petugas pengawas tol. Atau dengan peningkatan kompetnsi para karyawan, perseroan akan memberdayakan di unit kerja lain.

"Sampai tahun 2019 perseroan akan menambah 660 km jalan tol baru sehingga ada formasi baru juga di anak perusahaan," lanjut dia.

Elektronifikasi di jalan tol ini sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia dan sejalan dengan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang dicanangkan pemerintah dan Bank Indonesia. Selain itu, juga sejalan dengan program JSMR untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan supaya antrean panjang di gerbang dapat berkurang jika pengguna jalan menggunakan alat transaksi elektronik.

"Jadi ini adalah untuk kepentingan pengguna jalan juga, di samping sudah menjadi kebijakan pemerinta. Jadi in line," kata dia.

Menurut Heru, di bulan Oktober nanti diargetkan seluruh gardu tol yang dioperasikan Jasa Marga sudah 100% menggunakan pembayaran nontunai. Dia menegaskan itu adalah pembayaran non tunai, bukan GTO. [hid]

Komentar

 
x