Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 November 2017 | 11:25 WIB

Saham Terkena Suspensi

Analis: Ini Alasan Harga Saham MKNT Melonjak

Oleh : Monica Wareza | Senin, 21 Agustus 2017 | 00:17 WIB
Analis: Ini Alasan Harga Saham MKNT Melonjak
PT Mitra Komunikasi Nusantara Tbk - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kenaikan harga saham PT Mitra Komunikasi Nusantara Tbk (MKNT) yang signifikan membuat Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan penghentian sementara (suspend) perdagangan sahamnya.

Analis Binaartha Sekuritas, M. Nafan Aji Gusta Utama mengatakan kenaikan yang terjadi terhadap saham MKNT ini terjadi karena respon positif dari pasar terhadap perkembangan perseroan.

"Perkembangan e-commerce akan semakin pesat ke depannya. Saya melihat bahwa emiten ini gencar melakukan ekspansi dalam rangka mengembangkan bisnis start up digital. Hal ini diyakini dapat menopang tingkat pendapatan maupun laba bersih perseroan," kata Nafan kepada INILAHCOM, Jumat (18/8/2017).

Selain itu, menurut dia, kebijakan perseroan untuk terus menjalankan kerja sama bisnis dengan Telkomsel juga memberikan manfaat besar bagi kemajuan kinerja emiten di tengah persaingan ketat dengan emiten seperti ERAA, ISAT, EXCL dan lainnya.

"Kalau sebagai penyedia layanan telekomunikasi, langkah perseroan yang menggandeng Telkomsel yang merupakan anak usaha TLKM ini memberikan manfaat besar pasalnya TLKM merupakan pemain besar dalam bisnis telekomunikasi di tanah air, dan setiap tahun kinerja perseroan ini juga selalu cemerlang," lanjutnya.

Sepanjang kuartal I yang lalu, pendapatan MKNT naik 438% menjadi Rp1,05 triliun secara year on year dari Rp195,97 miliar dengan perolehan laba yang tumbuh 203% mejadi Rp7,88 miliar di epriode yang sama.

Sementara itu, sepanjang kuartal kedua juga terjadi kenaikan pendapatan mencapai 452,94% menjdai Rp2,58 triliun dari sebelumnya Rp516,72 miliar dengan perolehan laba sebesar Rp23,14 atau naik 393,39% dari kuartal kedua di tahun lalu.

MKNT merupakan emiten yang berusaha di bidang perdagangan, pembangunan, industri, jasa, pertambangan, pengangkutan darat, percetakan dan pertanian. Kegiatan utama MKNT adalah bergerak dalam bidang perdagangan umum terutama telepon seluler (Ponsel), gadget (smartphone, tablet dll) dan voucher isi ulang. Saat ini, MKNT merupakan agen tunggal perangkat elektronik (gadget) dengan merek Cyrus, serta sebagai importir dan wholesaler untuk produk Cyrus.

Pemegang saham MKNT adalah Media Komunikasi Nusantara Korporindo Tbk (kode saham DMAD yang di delisting tahun 1999, saat ini dalam proses mencatatkan kembali sahamnya di BEI) (80,00%). [hid]

Komentar

 
x