Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 26 September 2017 | 12:32 WIB

Cari Dana, JSMR Agunkan Pendapatan Tol Jagorawi

Oleh : Monica Wareza | Jumat, 18 Agustus 2017 | 13:05 WIB
Cari Dana, JSMR Agunkan Pendapatan Tol Jagorawi
(Foto: istimewa)
facebook twitter

PT Jasa Marga Persero Tbk (JSMR) melakukan terobosan pendanaan dengan menerbitkan Surat Berharga Hak Pendapapatan senilai Rp2 triliun.

Penerbitan sekuritisasi berbasis hak atas pendapatan tol di masa mendatang atau Future Revenue Based Securities (FRBS) ini dilakukan perseroan atas ruas jalan tol Jakarta Bogor Ciawi (Jagorawi) untuk jangka waktu lima tahun dengan maksimum Rp2,6 triliun.

"Hak pendapatan yang disekuritisasi adalah hak atas pendapatan ruas tol Jagorawi yang merupakan slaah satu ruas tol yang paling mature yang dimiliki oleh perseroan," kata Desi Arryani, Direktur Utama perseroan di Jakarta, Jumat (18/8/2017).

Produk sekuritisasi yang akan diterbitkan perseroan bernama KIK-EBA Mandiri JSMR01-Surat Berharga Pendapatan Tol Jagorawi (KIK-EBA Mandiri JSMR01). Produk ini telah mendapatkan peringkat AAA dari Pefindo.

Penerbitan KIK-EBA ini akan dilakukan dalam dua kelas, yakni Kelas A yang diterbitkan melalui penawaran umum dan memiliki karakteristik pendapatan tetap. Sedangkan untuk Kelas B diterbitkan melalui penawaran terbatas dan memiliki karakteristik pendapatan tidak tetap.

"Kelas A akan mendapat pembagian atau pelunasan parsial setiap tahunnya untuk prinsipal. Sedangkan pelunasan prinsipal kelas B akan dibayarkan saat akhir tenor yaitu lima tahun," kata Endang Astharanti, Direktur Mandiri Manajemen Investasi.

Kelas A akan diterbitkan melalui penawaran umum dan memiliki karakteristik pendapatan tetap dengan rentang kupon 8%-9%. Sedangkan kelas B akan diterbitkan melalui penawaran terbatas dan memiliki karakteristik pendapatan tidak tetap.

Aksi korporasi JSMR ini menggandeng Mandiri Sekuritas, Danareksa Sekuritas, Bahana Sekuritas, BNMI Sekuritas, CIMB Sekuritas Indonesia dan BCA Sekuritas selaku arranger penerbitan dan agen penjualnya.

Perseroan nantinya akan bertindak selaku collection manager yang nantinya bertugas untuk mengumpulkan pendapatan tol dan mendistribusikannya ke KIK-EBA JSMR01 dna selanjutnya akan didistribusikan kepada para investor. [hid]

 
x