Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 November 2017 | 06:46 WIB

BEI Hentikan Sementara Perdagangan Saham MKNT

Oleh : Monica Wareza | Jumat, 18 Agustus 2017 | 10:01 WIB
BEI Hentikan Sementara Perdagangan Saham MKNT
PT Mitra Komunikasi Nusantara Tbk (MKNT) - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta-Bursa Efekk Indonesia (BEI) menghentikan sementara (suspend) perdagangan saham dari PT Mitra Komunikasi Nusantara Tbk (MKNT).

Mengutip dari keterbukaan informasi BEI, Jumat (18/8/2017) perdagangan saham MKNT dilakukan dalam rangka cooling down karena terjadi peningkatan harga yang signifikan terhadap saham perseroan.

Penghentian sementara perdagangan saham ini dilakukan di pasar reguler dan pasar tunai dimulai pada perdagangan sesi I hari ini dengan tujuan untuk memberikan waktu yang memadai bagi pelaku pasar untuki mempertimbangkan secara matang berdasarkan informasi yang ada dalam setiap pengambilan keputusan untuk berinvestasi di saham MKNT.

Pihak BEI mengharapkan untuk para pelaku pasar agar selalu memp[erhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh perseroan.

Suspensi ini terjadi pada perseroan karena harga saham MKNT naik cukup tajam menembus level Rp1.300 per saham pada penutupan perdagangan Rabu (16/8/2017) lalu.

Pada hari yang sama, harga saham ini bahkan mencapai harga tertingginya Rp1.425 yang merupakan harga tertinggi sejak perseroan melakukan penawaran umum di tahun 2015 silam.

Pada perdagangan Selasa (15/8/2017), saham MKNT ditutup pada harga Rp1.195 padahal seminggu sebelumnya, Rabu (9/8/2017) hanya ditutup pada harga Rp900 per lembar sahamnya.

Perseroan merupakan salah satu distributor penjualan pulsa isi ulang Telkomsel yang sudha melantai di BEI sejak 26 Oktober 2015 dengan melepas sebanyak 200 juta lembar sahamnya dengan harga Rp200 per lembar di perdagangan pertamanya.

Sebelumnya, BEI telah mengawasi peningkatan harga saham PT Mitra Komunikasi Nusantara Tbk (MKNT) karena di luar kebiasaan atau Unusual Market Activity (UMA) sejak 7 Agustus 2017.

Saham MKNT pada perdagangan Selasa (8/8/2017) dibuka di Rp920 per saham. Pada penutupan 1 Agustus saham MKNT di harga Rp530 per saham. Pada penutupan 2 Agustus di harga Rp695 per saham. Pada penutupan 4 Agustus di harga Rp775 per saham. Pada penutupan 7 Agustus di harga Rp895 per saham.

MKNT merupakan emiten yang berusaha di bidang perdagangan, pembangunan, industri, jasa, pertambangan, pengangkutan darat, percetakan dan pertanian. Kegiatan utama MKNT adalah bergerak dalam bidang perdagangan umum terutama telepon seluler (Ponsel), gadget (smartphone, tablet dll) dan voucher isi ulang. Saat ini, MKNT merupakan agen tunggal perangkat elektronik (gadget) dengan merek Cyrus, serta sebagai importir dan wholesaler untuk produk Cyrus.

Pemegang saham MKNT adalah Media Komunikasi Nusantara Korporindo Tbk (kode saham DMAD yang di delisting tahun 1999, saat ini dalam proses mencatatkan kembali sahamnya di BEI) (80,00%).

Komentar

 
x