Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 November 2017 | 11:14 WIB

72 Tahun Indonesia Merdeka

Soal Sosialisasi, Peran OJK Dinilai masih Minim

Oleh : Monica Wareza | Kamis, 17 Agustus 2017 | 13:30 WIB
Soal Sosialisasi, Peran OJK Dinilai masih Minim
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Masih besarnya pengaruh dana asing dalam pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) membuat seolah investor dalam negeri tak memiliki andil di pasar dalam negeri.

Analis Binaartha Sekuritas, Reza Priyambada mengatakan bahwa rendahnya kontribusi investor dalam negeri ini memerlukan peran serta dari Otoritas Jasa Keungan (OJK) untuk membantu dalam hal sosialisasi ke masyarakat.

"Kita harapkan pada proses sosialisasi itu OJK juga ikut andillah dalam sosialisasi sehingga masyarakat itu merasa jika ada sosialisasi dari OJK maka kaan merasa investasi di pasar modal aman," kata Reza kepada INILAHCOM.

Menurut Reza, sosialisasi soal berinvestasi ini tidak hanya harus diberatkan kepada Bursa Efek Indonesia (BEI) dan pelaku pasar saja, sementara andil OJK dalam hal ini masih dianggap belum cukup besar.

"Kita mungkin belum banyak peran dari OJK selain hanya fungsi pengawasan," lanjut dia.

Selain itu, menurut dia, sudah seharusnya juga OJK berbuat suatu gebrakan mengingat saat ini perbandingan investor asing dengan investor dalam negeri ini masih mengalami ketimpangan. "Belum ada tindakan dari OJK terhadap bagaimana membuat proporsi antara investor lokal dengan investor asing, minimal equal," kata Reza.

Untuk itu Reza mengharapkan agar ke depannya OJK meningkatkan peran sertanya dalam mensosialisasikan perihal berinvestasi ini.

"Paling enggak kita butuh support dari andil mereka dalam memberikan sosialisasi. Jadi, sosialisasi pun gak 100% di beban kita, tapi ada bentuk tanggung jawab juga dari OJK," kata Reza. [jin]

Komentar

 
Embed Widget

x