Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 23 November 2017 | 09:06 WIB

Cadangan AS Gagal Kerek Harga Minyak Dunia

Oleh : - | Kamis, 17 Agustus 2017 | 12:13 WIB
Cadangan AS Gagal Kerek Harga Minyak Dunia
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, New York - Bisnis minyak dunia masih memasuki masa-masa sulit. Harganya longsor pada Rabu (Kamis pagi WIB). Padahal, data cadangan minyak di Amerika Serikat (AS) menurun sejak pekan lalu.

Badan Informasi Energi AS (EIA) mengatakan dalam laporan mingguannya pada Rabu (16/8/2017), persediaan minyak mentah turun sebesar 8,95juta barel pada pekan yang berakhir 11 Agustus.

Penurunan tersebut hampir tiga kali lebih besar dari ekspektasi para analis yang menetapkan penurunan 3,1juta barel. Sementara itu, data menunjukkan bahwa persediaan bensin dan distilat meningkat.

Para analis mengatakan harga minyak telah mendapat tekanan baru-baru ini, karena investor khawatir bahwa kelebihan minyak global akan terus bertahan, setelah kepatuhan para produsen minyak utama untuk memangkas produksi mereka tidak membaik. Produsen-produsen minyak utama telah sepakat untuk mengurangi pasokan sebesar 1,8juta barel per hari sampai Maret mendatang.

Tujuannya adalah untuk mengurangi stok global, menyeimbangkan pasar yang telah mengalami kelebihan pasokan yang bertahan selama sekitar tiga tahun, dan akhirnya menaikkan harga minyak.

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman September, turun US$0,77 menjadi US$46,78 per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara itu, patokan Eropa, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Oktober, berkurang US$0,53 ditutup US$50,27 per barel di London ICE Futures Exchange, demikian dilaporkan Xinhua. [tar]

Komentar

 
x