Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 26 September 2017 | 16:12 WIB

Ini Pilihan Investasi Saat Krisis Korut

Oleh : Wahid Ma'ruf | Kamis, 17 Agustus 2017 | 03:06 WIB
Ini Pilihan Investasi Saat Krisis Korut
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, New York - Jika Anda seorang investor yang ingin melindungi aset selama masa ketidakpastian internasional dan apa yang mungkin menjadi tahap akhir dari siklus bull-market, alokasi aset Portofolio Permanen mungkin menarik bagi Anda.

Munculnya kekhawatiran dari perang komentar antara Presiden Trump dengan Korea Utara dan sekitarnya. Mark Hulbert menilai salah satu cara untuk bermain pertahanan sambil tetap membidik agar return yang jauh lebih baik dari pada uang tunai adalah dengan menginvestasikan sejumlah uang dalam reksa dana terdiversifikasi yang memiliki eksposur saham yang relatif rendah.

The US$2,6 miliar Permanent Portfolio PRPFX, -0,35% biasanya sekitar 30% diinvestasikan dalam saham. Manajernya, Michael Cuggino, yang berbasis di San Francisco, menjelaskan dalam sebuah wawancara telepon bahwa tujuan dana tersebut adalah untuk mengurangi volatilitas harga melalui diversifikasi, sambil memberikan imbal hasil yang melebihi inflasi. Jadi tidak dirancang untuk mengungguli indeks saham, seperti S & P 500 SPX, -0,05% Ini dimaksudkan untuk berfungsi sebagai lindung nilai untuk sebagian portofolio Anda.

Indeks S & P 500 diperdagangkan 20,7 kali dalam 12 bulan terakhir. Penilaian dengan ukuran ini belum setinggi ini sejak Februari 2004, menurut FactSet.

Kemudian lagi, jika Anda melihat grafiknya, Anda bisa melihat valuasi price-to-earnings trailing jauh lebih tinggi di akhir gelembung dot-com daripada sekarang. "Penilaian diperpanjang, tapi tidak keterlaluan," kata Cuggino. "Mulai kuartal ketiga tahun lalu, Anda memiliki beberapa kuartal pertumbuhan pendapatan yang lebih baik dari perkiraan," tambahnya, seperti mengutip marketwatch.com.

Sekali lagi, ini menekankan bahwa Portofolio Tetap dimaksudkan sebagai lindung nilai bagi investor yang menginginkan volatilitas sangat rendah, atau bagi investor yang sangat memperhatikan valuasi saham yang tinggi atau ketidakstabilan politik atau internasional.

Meskipun dana tersebut tidak dirancang untuk menyesuaikan kinerja S & P 500 jangka panjang, kami menunjukkan total pengembalian 10 tahun di sini untuk menggambarkan seberapa baik dana tersebut telah dilakukan selama siklus turun untuk persediaan.

Selama tahun 2008, saat S & P 500 kembali negatif 37%, Portofolio Tetap turun hanya 8,4%. Ketika S & P 500 mulai pulih dengan pengembalian 26,5% di tahun 2009, dana tersebut kembali 19,1%. Untuk tahun 2008 dan 2009 gabungan, indeks turun 20,3%, sedangkan dana kembali positif 9,1%.

Delapan tahun memasuki pasar bull, beberapa investor lupa betapa mudahnya pasar, dan betapa sulitnya untuk tetap yakin bahwa hal itu akan pulih dari penurunan yang menyakitkan.

Cuggino mengatakan bahwa dia tidak terlalu memperhatikan valuasi saham saat ini, karena "optimisme" investor. Tapi jika pertumbuhan ekonomi dipercepat, inflasi bisa menjadi masalah "jika modal dorman menjadi aktif dalam perekonomian terlalu cepat," tambahnya

Portofolio Tetap ditetapkan sebagai lindung nilai untuk lingkungan inflasi, seperti yang dapat Anda lihat dengan kepemilikan aset emas, perak dan Swiss-franc.

Cuggino dan timnya juga memilih saham, yang umumnya menghasilkan sekitar 30% dari dana tersebut, untuk memberikan beberapa pertumbuhan investasi. Keseluruhan volatilitas harga dimaksudkan untuk menjadi sepertiga dari volatilitas S & P 500.

Pendekatan defensif dana bukan untuk semua orang, seperti yang diakui Cuggino. Seorang investor yang bertujuan untuk membangun kekayaan melalui akun pensiun penundaan pajak yang disponsori oleh majikan dapat tetap diinvestasikan secara luas dalam saham selama beberapa dekade. Namun seorang investor yang telah membangun sarang telur dan sangat khawatir dengan risiko mungkin dilayani dengan baik bermain pertahanan dengan memasukkan sejumlah uang ke dalam dana diversifikasi yang bertujuan untuk menurunkan volatilitas.

 
x