Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 September 2017 | 15:38 WIB

PT Chandara Asri Incar Rp5,03 T dari PUT II

Oleh : Wahid Ma'ruf | Rabu, 16 Agustus 2017 | 14:30 WIB
PT Chandara Asri Incar Rp5,03 T dari PUT II
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) mengharapkan Rp5,035 triliun dengan melakukan Penawaran Umum Terbatas (PUT) II terhadap 279.741.494 saham dengan nilai nominal Rp1.000.

Dalam skema Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD), setiap pemegang 47 Saham Lama yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham Perseroan pada tanggal 25 Agustus 2017 pukul 16.00 WIB berhak atas sebanyak 4 HMETD. Setiap setiap 1 HMETD memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli sebanyak 1 Saham Baru dengan Harga Pelaksanaan sebesar Rp18.000 yang harus dibayar penuh pada saat mengajukan pemesanan pelaksanaan HMETD.

PUT II ini dilakukan Perseroan dalam rangka untuk memenuhi persyaratan pencatatanimana jumlah saham yang dimiliki oleh pemegang saham bukanpengendali dan bukan pemegang saham utama paling kurang 50.000.000 saham dan paling kurang 7,5% dari modal disetor berdasarkan Ketentuan V.1 Peraturan Bursa Efek Indonesia (BEI) No. I-A Tentang Pencatatan Saham dan Efek Bersifat Ekuitas Selain Saham Yang diterbitkan Oleh Perusahaan Tercatat.

Jumlah saham yang ditawarkan dalam PUT II dengan cara penerbitan HMETD ini adalah jumlah maksimum saham yang seluruhnya akan dikeluarkan dari portepel serta akan dicatatkan pada Bursa Efek dengan senantiasa memperhatikan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Saham Baru hasil Pelaksanaan HMETD memiliki hak yang sama dan sederajat dalam segala hal termasuk hak atas dividen dengan saham yang telah disetor penuh lainnya.

Setiap HMETD dalam bentuk pecahan akan dibulatkan ke bawah (round down). Sesuai dengan ketentuan POJK No. 32/2015, dalam hal pemegang saham memiliki HMETD dalam bentuk pecahan,maka hak atas pecahan efek tersebut wajib dijual oleh Perseroan danhasil penjualannya dimasukkan ke dalam rekening Perseroan.

PT Barito PacificTbk, Marigold Resources Pte. Ltd., dan Prajogo Pangestu tidak akan melaksanakan HMETD yang menjadi haknya dalam PUT II yaitu sebesar 183.246.431 HMETD. Dengan HMETD tersebut akan dijual kepada PT Mandiri Sekuritas, Deutsche Bank AG, cabang Hong Kong, BNPParibas, CLSA Limited dan Credit Suisse Limited sebagaimana dirinci pada Bab I Prospektus.

Selain itu, pemegang saham utama Perseroan yang lain yaitu SCGChemicals bermaksud untuk melaksanakan seluruh haknya untuk mengambilbagian secara penuh sesuai porsi bagian kepemilikan sahamnya secara proporsional yang ada pada Perseroan saat ini dalam PUT II sebanyak 85.517.102 saham baru. Jika Saham Baru yang ditawarkan dalam PUT II initidak seluruhnya diambil oleh pemegang HMETD, maka sisanya akandialokasikan kepada pemegang HMETD lainnya yang melakukan pemesanan lebih dari haknya, seperti yang tercantum dalam Sertifikat Bukti HMETD atau Formulir Pemesanan Pembelian Saham Tambahan secara proporsionalberdasarkan hak yang telah dilaksanakan.

Apabila setelah alokasipemesanan saham tambahan, masih terdapat sisa saham porsi publik, maka berdasarkan Perjanjian Pembelian Siaga tanggal 7 Agustus 2017, yang dibuat dan ditandatangani oleh dan antara Perseroan dengan PTMandiri Sekuritas sebagai Pembeli Siaga. Pembeli Siaga wajib membeli sisa sahamporsi publik tersebut. Sisa saham yang wajib dibeli Pembeli Siaga tersebut tidak termasuk saham yang berasal dari pelaksanaan HMETD PemegangSaham Utama dalam PUT II ini.

Harga pelaksanaan HMETD sebesar Rp18.000 yang ditentukan secara bersama-sama oleh Direksi Perseroan dan Pembeli Siaga mencerminkan 31%diskon terhadap TERP sebesar Rp26.041 pada tanggal penetapan harga. TERP mengacu kepada Theoretical Ex-rights Priceatau harga pasar teoretis dari masing-masing saham Perseroan setelah saham diperdagangkan ex-rights, yang dihitung berdasarkan penjumlahan kapitalisasi pasar saham Perseroan sebelum PUT II dan hasil kotor dari PUT II, dan kemudian dibagi dengan jumlah saham (tidak termasuk saham treasuri) setelah PUT II.

 
x