Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 26 September 2017 | 17:57 WIB

Bekraf Fokus Kembangkan UMKM daripada Jual Saham

Oleh : Monica Wareza | Rabu, 16 Agustus 2017 | 02:00 WIB
Bekraf Fokus Kembangkan UMKM daripada Jual Saham
Kepada Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mengaku lebih berfokus pada kemampuan dari usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk memperluas pasar ketimbang menjual sahamnya ke publik.

Kepada Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf mengatakan kemampuan dari sebuah UMKM untuk tumbuh dan memperluas pasar menjadi fokus bagi BEKRAF saat ini.

"Yang penting kalau kita bukan kemampuan menjual sahamnya ke publik tapi kemampuan mereka untuk tumbuh memperluas pasar," kata Triawan di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (15/8/2017).

Menurut Triawan, perusahaan yang bisa masuk menjadi emiten di BEI adalah perusahaan yang sudah bagus mengenai urusan pembukuan keuangan dan administrasinya, sementara itu UMKM ini masih memerlukan pembinaan untuk mengurus pembukuan tersebut.

"Masuk ke bursa bagus tapi itu kan buat yang bukunya udah bagus, kadang kan kalo mereka pembukuan dan administrasinnya masih perlu dibina," lanjut dia.

Dalam industri kratif, kata Triawan, tidak hanya dibutuhkan ide-ide saja melainkan juga bagian yang merapikan administrasinya sehingga perusahaan dapat berjalan lancar.

"Nah akses permodalannya kita kerjasama dengan BEI bagaimana deputi asosiasi permodalan ini bisa mendanai start up, ga mesti mendanai secara luas tapi terbatas gitu kata crowd funding," kata dia. [jin]

 
x