Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Oktober 2017 | 09:38 WIB

Menteri Ani Harap Pasar Modal Cermin Diversifikasi

Oleh : - | Minggu, 13 Agustus 2017 | 14:30 WIB
Menteri Ani Harap Pasar Modal Cermin Diversifikasi
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengharapkan industri pasar modal yang telah memasuki usia 40 tahun dapat menggambarkan diversifikasi ekonomi Indonesia.

"Tentu kita berharap, 40 tahun pasar modal telah banyak pencapaian-pencapaian yang sudah diperoleh, tidak hanya dari sisi nilai kapitalisasi, tetapi juga jumlah dan variasi dari perusahaan yang bisa 'go public' sehingga bisa menggambarkan mengenai terdiversifikasinya ekonomi indonesia," kata Menkeu di sela peringatan HUT Ke-40 Pasar Modal Indonesia bertema Langkah Baru Kedewasaan Pasar Modal di Jakarta, Minggu (13/8/2017).

Sri Mulyani juga mengharapkan partisipasi masyarakat dalam kepemilikan saham dan aktivitas transaksi di pasar modal dapat terus meningkat sehingga menciptakan stabilitas industri pasar modal nasional.

"Dengan dibukanya galeri investasi di berbagai pelosok Indonesia, kepemilikan saham dan partisipasi masyarakat di dalam memiliki dan mengikuti perdagangan saham bisa makin diperluas sehingga bisa menciptakan apa yang disebut rasa memiliki terhadap pasar modal," katanya.

Ia menambahkan bahwa pelaku pasar modal Indonesia juga dapat lebih memaksimalkan edukasi terhadap kaum muda karena lebih memiliki akses terhadap teknologi dan informasi.

Menurut dia, anak-anak muda mungkin lebih bisa diedukasi, diberi informasi, dan biasanya mereka jauh lebih cepat untuk bisa memahami.

"Kita berharap anak-anak muda pada tingkat kecamatan atau desa juga memiliki pemahaman dan melihat manfaatnya sehingga mereka bisa menabung tidak hanya dari sisi menabung di perbankan, tetapi juga bisa berpartisipasi menggunakan tabungannya di pasar modal," katanya.

Menkeu menyampaikan bahwa Pemerintah telah mengalokasikan sekitar Rp60 triliun dana desa yang bisa digunakan untuk pembangunan. Kondisi itu tentunya menimbulkan dampak pada peningkatan pendapatan perdesaan.

"Oleh karena itu, pendapatan mereka diharapkan bisa meningkat. Dengan pendapatan naik mereka bisa menabung dan berpartisipasi di pasar modal. Maka, galeri investasi dibuka," katanya.

Sementara itu, Direktur Pengembangan BEI Nicky Hogan mengatakan bahwa jumlah Galeri Investasi BEI yang telah diresmikan di sepanjang tahun 2017 sebanyak 57 galeri investasi dan terhitung sudah terdapat 297 galeri investasi di seluruh Indonesia.

"Peningkatan jumlah investor merupakan salah satu yang menjadi fokus BEI. Strategi pengembangan jumlah investor sudah dilakukan 'on the right track', yakni dengan menambah jumlah galeri investasi di daerah," katanya.

Dalam HUT Pasar Modal Indonesia itu, juga dilangsungkan peresmian galeri investasi ke-300 di Makasar, Sulawesi Selatan, yang dilakukan secara "live conference".

"Dengan bertambahnya galeri itu, diharapkan tingkat literasi dan inklusi pasar modal makin membaik," kata Nicky Hogan. [tar]

Komentar

 
x