Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 18 Oktober 2017 | 12:53 WIB

Investor Cari Aman, Bursa Eropa Bakal Terbatas

Oleh : Wahid Ma'ruf | Jumat, 11 Agustus 2017 | 13:15 WIB
Investor Cari Aman, Bursa Eropa Bakal Terbatas
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, London - Bursa saham Eropa berpotensi turun tajam pada perdagangan Jumat pagi (11/8/2017) waktu London karena ketegangan geopolitik mengenai Korea Utara mengalami peningkatan.

indeks FTSE 100 diperkirakan akan dibuka melemah 36 poin pada level 7,35. Indeks DAX terlihat turun sebesar 68 poin pada level 11.934. Indeks CAC ditetapkan untuk memulai 30 poin di bawah 5.077, seperti mengutip cnbc.com.

Masalah geopolitik menjadi panggung sekali lagi minggu ini setelah Presiden Donald Trump mengeluarkan sebuah babak baru komentar menentang Korea Utara, sementara memperingatkannya untuk tidak menyerang Guam atau sekutu AS. Dia mengatakan bahwa ancaman pertamanya untuk melepaskan api dan kemarahan mungkin belum cukup sulit.

Akibatnya, indeks volatilitas yang dikenal sebagai VIX berada pada level tertinggi sembilan bulan, meskipun mendekati rekor terendah awal pekan ini, sebelum ketegangan mengalami peningkatan.

Dengan demikian, investor menumpuk aset safe haven. Dolar berada di level terendah delapan minggu terhadap yen Jepang selama perdagangan Asia.

Di dunia usaha, Innogy, Novozymes dan Old Mutual akan melapor. Di Italia, pihak berwenang telah memberi Telecom Italia lebih banyak waktu untuk menyerahkan rincian peran pemegang saham Vivendi dalam menjalankan perusahaannya. Di tempat lain, Volkswagen dan Tata Motors telah mengakhiri pembicaraan mengenai penggabungan pasar negara berkembang.

Dari sisi data akan ada angka inflasi yang masuk dari Prancis, Spanyol dan Italia sepanjang pagi.

Harga minyak turun hampir 1 persen pada hari Jumat pagi karena kekhawatiran berlebih. Pada hari Kamis, sebuah laporan OPEC menunjukkan bahwa konsumsi global ditetapkan untuk terus meningkat. IEA akan merilis laporan minyak terbarunya pada pukul 9 pagi waktu London.

Krisis Korut telah menekan bursa saham Asia lebih dahulu. Indeks Nikkei turun 0,05%, indeks Hang Seng turun 1,6%, indeks ASX melemah 1,3%, indeks Shanghai melemah 1,3%, indeks Kospi turun 1,6%.

Komentar

 
x