Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 22 Agustus 2017 | 06:37 WIB

Siapa Terkaya dalam Sejarah?

Oleh : Wahid Ma'ruf | Jumat, 11 Agustus 2017 | 01:07 WIB
Siapa Terkaya dalam Sejarah?
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, New York - Kekayaan Vladimir Putin, disebut-sebut memiliki kekayaan yang mendekati kekayaan tokoh terkaya dalam sejarah. Kekayaan Putin masih jauh lebih besar jika digabung kekayaan pendiri Microsoft Bill Gates, Warren Buffett pemilik Berkshire Hathaway dan yang sedang naik daun, pendiri Amazon, Jeff Bezos.

Penguasa paling kaya dalam sejarah contohnya Augustus Caesar. Kaisar Romawi pertama berada di urutan teratas, menurut blog Visual Capitalist. Anak angkat Julius Caesar menguasai sebagian besar negara paling kuat di dunia, termasuk Mesir. Sebagai bagian dari kekayaan bersih yang diperkirakan senilai US$4,6 triliun. Mesir menghasilkan setidaknya 25% GDP global pada saat itu.

Berikutnya ada Raja Solomon, yang dikatakan menerima emas seharga US$40 miliar setiap tahun sebagai upeti. Itu membantu membawa kekayaannya menjadi US$2,2 triliun, seperti mengutip marketwatch.com.

Tentu saja, menentukan kekayaan berabad-abad yang lalu hampir tidak merupakan sains yang tepat, satu studi sebenarnya mengklaim bahwa bankir Habsburg adalah bankir Jacob Fugger adalah orang terkaya sepanjang masa. Namun, grafik terperinci dari Visual Capitalist dan Texas Precious Metals ini, menempatkan Fugger jauh di belakang raja Timbuktu dan hanya sekitar US$49 miliar di depan William the Conqueror.

Mengapa begitu sulit untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang kekayaan sejarah?

Jeff Desjardins dari Visual Capitalist menjelaskan berapa banyak kekayaan pada periode awal dikaitkan dengan tanah atau seluruh kerajaan, seperti halnya dengan Genghis Khan dan Akbar the Great. Sulit untuk membuat perhitungan yang akurat dengan itu.

Selain itu, catatan sering dibesar-besarkan atau berdasarkan pada sejarah lisan, dan semoga berhasil menemukan bagaimana cara mengubah 200 juta sesterces" menjadi dolar AS DXY, + 0,04%.

"Perlu diingat bahwa ini terutama untuk kesenangan dan daftar orang terkaya dalam perubahan sejarah bergantung pada siapa yang Anda tanyakan," tulis Desjardins.

 
x