Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 22 Agustus 2017 | 06:36 WIB

Sido Muncul Masuk Pasar Nigeria

Oleh : Wahid Ma'ruf | Kamis, 10 Agustus 2017 | 03:46 WIB
Sido Muncul Masuk Pasar Nigeria
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) melebarkan sayapnya ke wilayah Afrika Barat, tepatnya Nigeria.

Direktur Keuangan perseroan, Venancia Sri Indrajati mengatakan bahwa sebenarnya produk perseroan telah masuk ke sana melalui distributor sehingga perseroan berniat untuk meningkatkan eksistensi di pasar Nigeria.

"Penjualan produk minuman energi di Nigeria sudah sangat bagus, jadi kita mau meningkatkannya lagi," kata Venancia di Gedung Bursa Efek Indonesia, Rabu (9/8/2017).

Selain Nigeria, Filipina juga menjadi tujuan ekspor perseroan saat ini. Diakui Venancia bahwa saat ini perseroan telah membuat kantor cabang di sana. "Kita lagi urus registrasi produk menggunakan nama kita," kata dia.

Penjualan ekspor masih berkontribusi sekitar 2% saja dari total penjualan perseroan, sedangkan sisanya masih dikuasai oleh pasa dalam negeri.

Sepanjang enam bulan pertama tahun ini penjualan mengalami penurunan hingga 6,8% menjadi Rp1,21 triliun dibandingkan tahun lalu Rp1,3 triliun. Kontributor utama pada penjualan merupakan segmen produk herbal dan suplenen dengan pertumbuhan penjualan 5,9% dibandingkan tahun lalu.

Adapun penurunan utama datang dari segmen healthy food an beverages menurun 27% dibandingkan sebelumnya. Hal ini disebabkan menurunnya penjualan minuman energi milik perseroan.

 
x