Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 19 Oktober 2017 | 12:13 WIB

OPEC dan Rusia Siap-siap Pangkas Produksi

Oleh : - | Rabu, 9 Agustus 2017 | 13:15 WIB
OPEC dan Rusia Siap-siap Pangkas Produksi
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Abu Dhabi - Negara penghasil minyak yang tergabung Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) pada Selasa (8/8/2017) kembali memutuskan pemangkasan produksi.

Tujuan dari pemangkasan ini adalah untuk mengurangi kelebihan pasokan dan juga mendongkrak harga minyak yang anjlok tajam pada 2014. Panel teknis yang beranggotakan negara-negara OPEC dan sejumlah negara pengasil minyak lain mengeluarkan pengumuman tersebut menyusul konferensi selama dua hari di Abu Dhabi.

Pada November 2016, OPEC dan negara-negara penghasil minyak lain mencapai kesepakatan untuk memangkas produksi minyak hingga Maret 2018.
Setelah sempat naik menyusul kesepakatan tersebut, harga minyak kembali merosot di bawah angka US$50 per barel.

Sejumlah negara memproduksi minyak melebihi batas yang disepakati pada November sehingga memicu keraguan mengenai kemampuan OPEC dalam mengimplementasikan kesepakatan tersebut.

Namun, OPEC mengungkapkan pada Selasa, negara peserta konferensi di Abu Dhabi tetap berkomitmen untuk mewujudkan" pemangkasan produksi. Pertemuan ini dihadiri Rusia dan produsen minyak terbesar dunia Arab Saudi, akan membantu memfasilitasi implementasi kesepakatan pemangkasan produksi, menurut keterangan OPEC sebagaimana dilansir AFP. [tar]

Komentar

 
x