Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 November 2017 | 19:04 WIB

Caplok Saham Freeport, Antam Tunggu Holding

Oleh : Monica Wareza | Senin, 7 Agustus 2017 | 16:03 WIB
Caplok Saham Freeport, Antam Tunggu Holding
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) terus mempersiapkan diri guna menjadi holding perusahaan tambang pelat merah dalam divestasi saham PT Freeport Indonesia.

Direktur Keuangan perseroan, Dimas Wikan Pramuditho mengatakan pihaknya masih terus berkoordinasi dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk membentuk holding ini. "Salah satu targetnya yaitu divestasi saham Freeport ini makanya kita terus koordinasi ke kementerian," kata Dimas di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (7/8/2017).

Pembentukan holding ini ditargetkan dapat selesai di tahun ini. Sehungga saat ini pihaknya tengah menunggu koordinasi lebih lanjut mengenai kesiapan pembentukan holding ini. "Karena koordinasi dari BUMN, tapi aset akan ada akuisisi-akuisisi yang sifatnya stategis di PT Freeport Indonesia," kata dia.

Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara ada yang mengatur soal divestasi. aturan ini mengatur pemegang IUP dan IUPK dalam rangka penanaman modal asing setelah lima tahun sejak berproduksi wajib melakukan divestasi sahamnya secara bertahap.

Holding perusahaan pertambangan milik BUMN ini ditujukan untuk dapat membeli saham PT Freeport Indonesia. Dengan langkah holding ini, harapannya tidak akan mengulang kesalahan dari PT Indocopper Investama yang pernah memegang saham Freeport dan membawa saham tersebut melantai di bursa.

Namun sayang, keadaan ini tidak bertahan lama karena Indocopper sudah delisting dari BEI. [uji]

Komentar

 
x