Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 November 2017 | 06:46 WIB

BEI akan Atur Soal Liquidity Provider

Oleh : Monica Wareza | Jumat, 4 Agustus 2017 | 02:21 WIB
BEI akan Atur Soal Liquidity Provider
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Bursa Efek Indonesia (BEI) akan mengatur soal liquidity provider untuk menjaga likuiditas transaksi dari perusahaan kecil dan menengah yang nantinya akan melantai di bursa.

Direktur Pengembangan Bisnis BEI, Nicky Hogan mengatakan bahwa liquidity provider ini akan diperlakukan untuk membuat gerakan di secondary market sehingga menciptakan likuiditas atas saham perusahaan kecil ini. "Ya itu tadi menjaga likuiditasnya agar tidak menjadi saham tidur, tidak ditransaksikan jadi investor tidak bisa jual dan beli," kata Nicky di Gedung BEI, Rabu (3/8/2017).

Meskipun begitu, bursa tidak akan memberikan mandatory kepada anggota bursa (AB) terkait hal ini, hanya saja akan memberikan insentif bagi untuk para lequidity provider ini.

"Bagaimanapun AB kan tetap ada hitungan bisnis yang mungkin bursa tidak bisa sewenang-wenang mewajibkan itu tapi da insentif yang diberikan untuk likuiditi provider," lanjut dia.

Peraturan yang tengah disiapkan BEI ini untuk menindaklanjuti Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor: 53/POJK.04/2017 tentang Pernyataan Pendaftaran Dalam Rangka Penawaran Umum dan Penambahan Modal dengan Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu oleh Emiten dengan Aset Skala Kecil atau Emiten dengan Aset Skala Menengah.

Selain itu juga POJK Nomor: 54/POJK.04/2017 tentang Bentuk dan Isi Prospektus Dalam Rangka Penawaran Umum dan Penambahan Modal dengan Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu oleh Emiten dengan Aset Skala Kecil atau Emiten dengan Aset Skala Menengah. [hid][]

Komentar

 
x