Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 November 2017 | 22:38 WIB

Jumlah Investor Reksa Dana Masih di Bawah Target

Oleh : Monica Wareza | Jumat, 28 Juli 2017 | 15:36 WIB
Jumlah Investor Reksa Dana Masih di Bawah Target
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Target jumlah investor reksa dana yang diharapkan Asosiasi Pengelola Reksa Dana Indonesia (APRDI) hingga akhir tahun sebanyak lima juta nasabah tampaknya masih sulit mencapai target.

Dewan APRDI, Asri Natanegeri mengatakan bahwa target ini masih dianggap terlalu agresif bagi industri karena mengingat pertumbuhan jumlah investor per tahun hanya sebesar 20%-30% saja.

"Mungkin penambahannya kita harapkan kisaran 750 ribu hingga satu juta sampai akhir tahun terutama dengan akses yang lebih luas kita memungkinkan," kata Asri di Gedung BEI, Jumat (28/7/2017).

Sementara itu, Direktur Pengelolaan Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengatakan bahwa hingga 25 Juli 2017, jumlah nasabah reksa dana yang tercatat masih berjumlah 530.615. Artinya masih sangat panjang perjalanjan bagi APRDI untuk menambah jumlahn asabahnya ke angka lima juta di akhir tahun.

Sementara itu, jumlah produk reksa dana yang bervariasi juga bisa dijadikan salah satu faktor yang bisa meningkatkan jumlah nasabah, tentu saja dengan dukunga dari regulasi oleh OJK yang memungkinkan MI untuk menigkatkan variasi produuknya.

"Jadi saya rasa dengan banyaknya agen penjualn reksadana atau MI melalui produk baru itu akan menambah jumlah ketersediaan produk di market," kata Asri. [hid]

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x