Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 23 November 2017 | 10:20 WIB

Bursa Saham Eropa Masih Bergerak Terbatas

Oleh : Wahid Ma'ruf | Jumat, 14 Juli 2017 | 16:34 WIB
Bursa Saham Eropa Masih Bergerak Terbatas
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, London - Pasar saham Eropa sedikit lebih tinggi pada hari Jumat pagi (14/7/2017). Investor melihat ke depan untuk laporan pendapatan dari bank-bank di Wall Street.

Investor juga memantau perkembangan dari sebuah pertemuan antara presiden Prancis dan AS. Indeks acuan Eropa, Stoxx 600 datar dengan sebagian besar sektor bergerak ke tanah yang positif. Sumber daya dasar termasuk di antara para pemenang teratas dalam transaksi awal.

Ini setelah berita bahwa rencana Rio Tinto untuk sebuah tambang tembaga di Arizona akan terowongan 7.000 kaki di bawah tanah dan dengan demikian menguji dorongan Presiden Donald Trump untuk memangkas peraturan.

Saham perusahaan perjalanan dan liburan juga lebih tinggi pada hari Jumat pagi setelah beberapa upgrade rating.

Namun, saham konstruksi dan material jatuh pada pendapatan dengan kelompok konstruksi Swedia Skanska di antara yang berada di dasar patokan Eropa. Ini bergerak turun sebesar 4 persen setelah mengumumkan akan menurunkan nilai proyek di AS dan Inggris, mencapai keuntungan kuartal kedua.

Perusahaan asuransi Norwegia Gjensidige adalah pemain terburuk di benchmark Eropa, turun 7 persen, setelah melaporkan pendapatan kuartal kedua yang berada di bawah perkiraan.

Perusahaan perawatan kesehatan AstraZeneca melanjutkan kejatuhannya pada hari Jumat setelah mencatat kerugian pada hari Kamis karena ketidakpastian mengenai CEO-nya. Beberapa laporan media menunjukkan bahwa dia bisa meninggalkan perusahaan dan bergabung dengan pembuat obat lainnya.

Jumat juga menandai awal resmi musim penghasilan AS. Investor akan mengawasi sejumlah bank besar, termasuk Citigroup, JPMorgan Chase dan Wells Fargo. Penurunan saham Sky, Dixons Carphone menjual bisnis di Spanyol.


Data dari European Automobile Manufactures Association menunjukkan pendaftaran mobil baru naik 2,1 persen di bulan Juni, turun dari 7,6 persen di bulan Mei.

"Juni 2017 memiliki satu hari kerja kurang dari tahun 2016, yang tidak diperhitungkan dalam data ini," Claus Vistesen, kepala ekonom zona euro di Pantheon Macro, mengatakan dalam sebuah catatan, seperti mengutip cnbc.com.

"Secara keseluruhan, meskipun, kita melihat tanda-tanda bahwa permintaan untuk mobil baru melambat tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu, yang akan membatasi belanja konsumen pada margin," tambahnya.
Macron dan Trump

Macron dan Trump akan merayakan Hari Bastille, dalam sebuah pertemuan yang diharapkan akan mengatur ulang hubungan antara kedua pemimpin tersebut setelah mereka memulai awal yang dingin awal tahun ini.

Dalam sebuah konferensi pers bersama pada hari Kamis, Trump mengisyaratkan sesuatu bisa terjadi untuk mengubah keputusannya pada bulan Juni untuk menarik AS dari kesepakatan iklim Paris. Trump juga mengatakan bahwa dia dan Macron telah membahas peningkatan kerjasama keamanan.

Dalam politik AS, tokoh senior Partai Demokrat, Nancy Pelosi Kamis meminta sebuah badan independen untuk menyelidiki apa yang dia sebut sebagai bukti keras dan dingin. Artinya kemungkinan keluarga Trump memainkan peran di samping Rusia dalam mempengaruhi pemilihan presiden tahun lalu.

Sementara Trump, dalam komentar yang dikeluarkan oleh Gedung Putih pada hari Kamis, menyarankan agar dia mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin ke Gedung Putih, meskipun dia menambahkan bahwa saat ini bukanlah saat yang tepat.

Komentar

 
x