Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 22 Juli 2017 | 15:53 WIB

Sentimen Ekonomi Positif, Rupiah Semringah

Oleh : - | Selasa, 11 Juli 2017 | 17:23 WIB
Sentimen Ekonomi Positif, Rupiah Semringah
(Foto: Inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Selasa (11/7/2017) sore, bergerak menguat tipis sebesar enam poin menjadi Rp13.387 dibandingkan sebelumnya pada posisi Rp13.398 per dolar Amerika Serikat (AS).

Research Analyst FXTM, Lukman Otunuga di Jakarta, Selasa mengatakan bahwa sentimen terhadap ekonomi Indonesia relatif masih positif seiring dengan harapan keyakinan konsumen bulan Juni yang mengisyaratkan peningkatan.

"Konsumsi Indonesia cukup bergairah di tahun 2017 dan indeks konsumen mencapai rekor tertinggi di bulan Mei. Apabila data ekonomi Indonesia terus menunjukkan tren positif, maka rupiah akan terjaga," katanya.

Pada Mei 2017 lalu tercatat, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) dari Survei Konsumen Bank Indonesia mencapai 125,9, lebih tinggi dibandingkan 123,7 pada bulan April 2017.

Di sisi lain, lanjut dia, dengan membaiknya kinerja ekspor dan optimisme dari kenaikan peringkat dari Standard & Poor's (S&P), cadangan valas juga sepertinya akan tetap aman di masa mendatang.

Ekonom Samuel Sekuritas Rangga Cipta menambahkan bahwa komitmen pemerintah untuk tidak menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) dan tarif listrik hingga akhir tahun ini menjaga harapan inflasi masih akan terkendali sehingga respon pelaku pasar uang cukup positif.

Di sisi lain, lanjut dia, meredanya tekanan pasar surat utang atau obligasi di pasar global pada pekan ini juga turut menjaga fluktuasi mata uang rupiah di pasar valas domestik.

Sementara itu, dalam kurs tengah Bank Indonesia (BI) pada Selasa ini (11/7) mencatat nilai tukar rupiah bergerak menguat ke posisi Rp13.387 dibandingkan hari sebelumnya (Senin, 10/7) Rp13.408 per dolar AS. [tar]

 
x