Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 22 Juli 2017 | 15:54 WIB

JSMR Siap Jemput Rp2 T dari Sekuritisasi Jagorawi

Oleh : Monica Wareza | Rabu, 5 Juli 2017 | 03:01 WIB
JSMR Siap Jemput Rp2 T dari Sekuritisasi Jagorawi
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT Jasa Marga Tbk (JSMR) berencana untuk melakukan sekuritisasi atas aset berbasis pendapatan masa depannya dengan mengagunkan pendapatan masa depan (future revenue) dari Tol Jagorawi selama lima tahun.

Direktur Keuangan JSMR, Donny Arsal mengatakan akan melakukan Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset (KIK EBA) untuk mengumpulkan dana sebesar Rp2 triliun.

"Sedang proses OJK, sudah sosialisasi responnya positif. Kita lagi tunggu surat konfirmasi dari pajak mengenai pajak yang akan dibebankan. Kalau sudah clear, kami siap launching. Untuk yang pertama Rp 2 triliun dulu, sesuai dengan kebutuhan walaupun pendapatannya bisa sampai Rp5 triliun dalam 5 tahun," kata Donny di Gedung BEI, Selasa (4/7/2017).

Ia mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah mengurus pemeringkatakan dari produk ini di lembaga pemeringkat efek, Pefindo dan mengharapkan akan memperoleh rating AAA. Selain itu ia juga menargetkan proses KIK EBA ini akan dapat rampung dan mendapatkan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di bulan ini.

"Kalau mendapatkan peringkat AAA, Jasa Marga juga akan menawarkan produk tersebut dengan nilai premium di pasar 25-50 basis poin, dengan tingkat pengembalian diperkirakan mencapai 8-9% per tahun," jelas Donny.

Selain KIK EBA, Jasa Marga juga berencana untuk menerbitkan obligasi berbasis proyek alias project bond senilai Rp1,5 triliun dari proyek ruas tol Ulujami-Kebon Jeruk.

"Project bond sedikit berbeda dengan obligasi korporasi biasanya yang pembayaran kewajiban kupon pokok obligasi dari berbagai sumber dana, sedangkan project bond pembayarannya akan berasal dari proyek itu sendiri," kata Donny.

Tahun ini, Jasa Marga membutuhkan dana investasi sebesar Rp1 triliun dimana sebesar Rp11 triliun akan dihimpun oleh anak usahanya dan sisanya akan dihimpun oleh pihak Jasa Marga. [hid]

 
x