Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 20 Juli 2017 | 21:47 WIB

Rupiah Naik Saat Ekonomi AS Melambat

Oleh : - | Senin, 19 Juni 2017 | 17:55 WIB
Rupiah Naik Saat Ekonomi AS Melambat
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta berakhir menguat sebesar 25 poin menjadi Rp13.274 dibandingkan sebelumnya Rp13.299 per dolar Amerika Serikat (AS).

"Mata uang rupiah bergerak positif terhadap dolar AS seiring respon pasar atas ekonomi Amerika Serikat yang dinilai masih akan cenderung melambat," kata Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada di Jakarta, Senin (19/6/2017).

Ia menyampaikan bahwa salah satu data ekonomi AS yang direspon negatif yakni data housing start pada Mei 2017 tercatat berada di tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman mencapai 1,092 juta unit, atau merupakan tingkat terendah dalam delapan bulan ini.

Dari dalam negeri, ia mengatakan bahwa sentimen positif domestik mengenai lembaga Dana Moneter Internasional (IMF) yang mengapresiasi keberhasilan Indonesia dalam melaksanakan reformasi di sektor jasa keuangan sehingga kinerja makroekonomi dan stabilitas sistem keuangan dapat terjaga dengan baik masih menjadi faktor yang menopang rupiah.

"Situasi itu membuat permintaan aset berdenominasi rupiah menguat sehingga berdampak positif di pasar valas," katanya.

Ekonom Samuel Sekuritas Rangga Cipta menambahkan bahwa data ekonomi Amerika Serikat yang di luar estimasi pasar membuat potensi kenaikan suku bunga AS selanjutnya menjadi rendah sehingga aset negara berkembang kembali diminati.

"Saat ini peluang kenaikan suku bunga acuan AS berikutnya sudah terkoreksi," katanya.

Ia menambahkan bahwa optimisme pasar keuangan di kawasan Eropa menyusul disetujuinya dana talangan lanjutan untuk Yunani juga turut berhasil mendorong penguatan mata uang euro terhadap dolar AS dan berdampak pada mata uang di kawasan Asia.

Sementara itu, dalam kurs tengah Bank Indonesia (BI) pada Senin ini mencatat nilai tukar rupiah bergerak menguat ke posisi Rp13.286 dibandingkan hari sebelumnya (Jumat, 16/6) Rp13.298 per dolar AS. [tar]

 
x